PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MODELCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN KARTU KATA PADA SISWA KELAS IV-B SD LABSCHOOL UNNES


LilisDiahKusumawati , 140141581 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MODELCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN KARTU KATA PADA SISWA KELAS IV-B SD LABSCHOOL UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401411581.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kualitas pembelajaran menulis pantundi kelas IV-B SD Labschool Unnes yang belum optimal. Keadaan tersebut didukung dengan data hasil belajar siswa yang menunjukkan sebanyak 58,3% atau 14 dari 24 siswa memperoleh skor di bawah KKM. Dalam hal ini, peneliti dan anggota tim kolaborasi menetapkan alternatif tindakan perbaikan berupa penerapan model CTL berbantuan kartu kata. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah model CTLberbantuankartu kata dapat meningkatkan kualitas pembelajaran menulis pantun pada siswa kelas IV-B SD Labschool Unnes. Tindakan perbaikan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis pantun siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yangdilaksanakan dalamdua siklus, dan masing-masing siklus terdapatdua pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV-B SD Labschool Unnes. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 29,5 dalam kategori baik, siklus II meningkat menjadi 33,5 dalam kategori sangat baik; (2) aktivitas siswa pada siklus Imemperoleh skor 23,9 dalam kategori baik, siklus II meningkat menjadi 29,5 dalam kategori baik; (3) keterampilan menulis pantun siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 70,8 dengan persentase ketuntasan 66%, siklus IIrata-rata skor meningkat 83,4 dengan persentase ketuntasan 79%. Simpulan hasil penelitian ini adalah model CTL berbantuan kartu kata dapat meningkatkan kualitas pembelajaran menulis pantun yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis pantun pada siswa kelas IV-B SD Labschool Unnes. Saran peneliti yaitu hendaknya guru selalu melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan, sehingga guru dapat menentukan langkah perbaikan untuk pembelajaran berikutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis; pantun, CTL, kartu kata.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 05 Oct 2016 12:44
Last Modified: 05 Oct 2016 12:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24032

Actions (login required)

View Item View Item