PERSEPSI SISWA MENGENAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK-SPMA (SEKOLAH PERTANIAN MENENGAH ATAS) NEGERI H. MOENADI
Handika Ryan Suganda , 1102411079 (2016) PERSEPSI SISWA MENGENAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK-SPMA (SEKOLAH PERTANIAN MENENGAH ATAS) NEGERI H. MOENADI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PERSEPSI SISWA MENGENAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SMK-SPMA (SEKOLAH PERTANIAN MENENGAH ATAS) NEGERI H. MOENADI)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan, dan menganalisis: (1) proses pembelajaran, (2) kualitas media pembelajaran, (3) persepsi siswa mengenai media pembelajaran di SPMA Negeri H. MOENADI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi, selanjutnya data dianalisis meliputi tiga prosedur yaitu: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, (4) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Analisis hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Kegiatan proses belajar mengajar di SPMA Negeri H. MOENADI cukup efektif. Hal tersebut nampak dengan diperolehnya data-data yaitu: Kondisi ruangan kelas yang nyaman, kelengkapan fasilitas kelas sebagai penunjang pembelajaran yang lengkap, kemampuan guru dalam penguasaan kelas dan materi cukup baik, penggunaan media pembelajaran yang cukup baik, keaktifan siswa dalam pembelajaran juga cukup baik, serta minat siswa dalam pembelajaran yang baik, (2) Kualitas media pembelajaran di SPMA Negeri H. MOENADI juga sudah tersedia sangat lengkap, terlihat dari seringnya digunakannya media pembelajaran oleh beberapa guru disana, (3) Persepsi Siswa SPMA Negeri H. MOENADI mengenai Media Pembelajaran pun sangat beragam. Hal tersebut nampak diperolehnya dari, pendapat siswa tentang media pembelajaran yang beragam, terluhat dari pemahaman siswa tentang pengertian media pembelajaran, hingga manfaat yang ia peroleh dari penggunaan media pembelajaran. Kemudian pendapat siswa tentang pengaruh dari penggunaan media pembelajaran. Namun masih ada juga beberapa siswa yang belum bisa menjelaskan arti dari media pembelajaran. Bukan berarti mereka yang belum bisa menjelaskan arti media pembelajaran adalah siswa yang tidak pernah memperhatikan gurunya menjelaskan materi pelajaran menggunakan media pembelajaran, namun siswa hanya tidak pernah mendengar istilah media pembelajarannya saja. Saran: (1) Media pembelajaran agar dapat digunakan oleh semua guru, mengingat banyak manfaat dari penggunaan media pembelajaran di dalam proses pembelajaran di kelas. Sehingga, semua mata pelajaran juga dapat di sukai oleh siswa, (2) Penambahan media interaktif, seperti media interaktif berbasis Adobe Flash, atau yang lebih terbaru dengan berbasis Smartphone atau mobile learning, (3) Lebih memanfaatkan dan optimalisasi Elearning agar pembelajaran lebih variatif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, persepesi siswa Secara |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 04 Oct 2016 13:24 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 13:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24025 |
Actions (login required)
View Item |