PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X AKUNTANSI 1 SMK PALEBON SEMARANG
PUGUH PRASTOWO , 1102411063 (2016) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X AKUNTANSI 1 SMK PALEBON SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X AKUNTANSI 1 SMK PALEBON SEMARANG)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Observasi awal terhadap pelaksanaan pembelajaran di SMK Palebon Semarang bahwa proses pembelajaran di kelas X masih menggunakan metode ceramah dan diskusi untuk menyampaikan materi kepada siswa, sehingga tidak terjadi interaksi antara guru dengan siswa. Masalah dalam proses pembelajaran muncul dari pihak siswa maupun guru. Permasalahan yang datang dari siswa adalah kesadaran siswa untuk belajar dan berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan belajar-mengajar yang terbilang masih kurang. Dalam menyampaikan materi, guru menggunakan teknik ceramah berbantuan media presentasi yang biasa dan menggunakan metode diskusi. Masalah-masalah yang muncul harus mendapatkan solusi yang tepat karena proses pembelajaran akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang diraih oleh peserta didik. Penelitian ini memiliki dua tujuan yang berbeda, tujuan pertama adalah untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh nilai setelah diberi perlakuan (treatment) pada kelas X Akuntansi 1 SMK Palebon Semarang. Tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui perbandingan tinggi dan rendahnya nilai posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberikan perlakuan yang berbeda dimana kelompok eksperimen diberi model Project Based Learning menggunakan media E-Learning berbasis Edmodo sedangkan kelompok kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran diskusi. Penelitian ini mengambil 2 kelas sebagai sampel yaitu kelas X Akuntasi 1 sebagai kelas eksperimen dan X Administrasi Perkantoran 3 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi experimental. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pretestposttest control group design. Setelah kedua kelas sampel diberikan pretest, kelas eksperimen dan kelas kontrol diberikan perlakuan berbeda. Pada akhir penelitian, kedua kelas melaksanakan posttest untuk mengetahui hasil peningkatan nilai siswa pada materi presentasi video. Dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaaan nilai pada kelompok eksperimen antara sebelum dan setelah diberikan perlakuan (treatment) dengan kata lain ada pengaruh model Project Based Learning menggunakan media E-Learning berbasis Edmodo terhadap peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Simulasi Digital kelas X Akuntansi 1 SMK Palebon Semarang. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh nilai thitung = 9,152 > ttabel = 2,02. Tujuan yang kedua dapat disimpulkan nilai kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai thitung = 2,018 > ttabel = 1,988. Saran dari peneliti kepada sekolah yaitu agar memanfaatkan dan menggunakan model Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Learning berbasis Edmodo, hasil belajar, Project Based Learning |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 04 Oct 2016 12:49 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 12:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24021 |
Actions (login required)
View Item |