PENGARUH PENERAPAN FLAT DESIGN PADA MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA


Muhammad Abdurrahman , 1102411042 (2016) PENGARUH PENERAPAN FLAT DESIGN PADA MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENERAPAN FLAT DESIGN PADA MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA]
Preview
PDF (PENGARUH PENERAPAN FLAT DESIGN PADA MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada mata pelajaran IPS kelas VII standar kompetensi 1 yaitu memahami lingkungan kehidupan manusia, dengan kompetensi dasar satu yaitu mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan dan dampaknya terhadap kehidupan banyak ilustrasi visual yang dibutuhkan untuk mendukung penyampaian materi. Perkembangan visual dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini tengah memiliki tren desain antarmuka yang sederhana dan cenderung bersih salah satunya Flat Design yang menggantikan Skeuomorphic. Tetapi penelitian tentang penerapannya pada media pembelajaran masih minim. Permasalahan dalam penelitian ini apakah terdapat pengaruh penerapan Flat Design pada Multimedia Pembelajaran Interaktif terhadap hasil belajar siswa dan apakah lebih besar pengaruhnya jika dibandingkan dengan Multimedia Pembelajaran Interaktif yang menggunakan Skeuomorphic Design. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh siswa kelas VII mata pelajaran IPS pada kompetensi dasar mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan dan dampaknya terhadap kehidupan, di MTs Nurul Islam Pekalongan tahun 2015 dan dibandingkan pengaruhnya dengan Skeuomorphic Design. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Penelitian Kuasi Eksperimen pola kelompok sample Pretest Posttest control group design. Adapun populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Nurul Islam Pekalongan. Sedangkan sampel dalam penelitian adalah 60 siswa, masing-masing 30 dari kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen maupun VII 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif yang menerapkan Flat Design meningkatkan hasil belajar siswa. Dan lebih berpengaruh dibandingkan Multimedia Pembelajaran Interaktif yang menerapkan Skeuomorphic Design. Saran dari hasil penelitian ini bagi guru agar menggunakan MPI bentuk muka bumi dengan antarmuka Flat Design ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan bagi produsen media belajar untuk membuat MPI yang menyesuaikan tren desain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Flat Design, Multimedia Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 04 Oct 2016 12:49
Last Modified: 04 Oct 2016 12:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24020

Actions (login required)

View Item View Item