EVALUASI PROGRAM EKSTRAKULIKULER JURNALISTIK MENGGUNAKAN MODEL CONTEXT, INPUT, PROCESS DAN PRODUCT (CIPP) PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 PATI


Jaisar Isnan, 1102410018 (2015) EVALUASI PROGRAM EKSTRAKULIKULER JURNALISTIK MENGGUNAKAN MODEL CONTEXT, INPUT, PROCESS DAN PRODUCT (CIPP) PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EVALUASI PROGRAM EKSTRAKULIKULER JURNALISTIK MENGGUNAKAN MODEL CONTEXT, INPUT, PROCESS DAN PRODUCT (CIPP) PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 PATI]
Preview
PDF (EVALUASI PROGRAM EKSTRAKULIKULER JURNALISTIK MENGGUNAKAN MODEL CONTEXT, INPUT, PROCESS DAN PRODUCT (CIPP) PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 PATI)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pendahuluan pada tanggal 20 September 2014 yang telah dilaksanakan oleh peneliti menunjukan bahwa ektrakulikuler jurnalistik (1) Siswa mengalami kendala pada kemampuan dan perubahan redaksi yang begitu cepat; (2) Guru mengalami kendala pada manajemen pembinaan; (3) Dukungan warga madrasah yang kurang. Sehingga peneliti bertujuan untuk mengevaluasi program ekstrakulikuler tersebut. Dari hal tersebut penelitain ini menggunakan evaluatif deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi CIPP. Model ini dipilih karena peneliti ingin mengetahui pelaksanaan program dari sudut Context, Input, Process dan Product. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif persentase. Setelah proses analisi selesai diperoleh hasil penelitian, yang menunjukkan bahwa evaluasi program ekstrakulikuler jurnalistik MAN 1 Pati adalah sebagai berikut: persentase evaluasi terhadap Context menunjukkan hasil yang tergolong sangat baik dengan rata-rata 85,37%, persentase evaluasi terhadap Input menunjukkan hasil yang tergolong sangat baik dengan rata-rata 90,67%, persentase evaluasi terhadap Process menunjukkan hasil yang tergolong baik dengan rata-rata 73,33%, persentase evaluasi terhadap Product menunjukkan hasil yang tergolong sangat baik dengan rata-rata 85,56%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler jurnalistik tergolong sangat baik dengan rata-rata persentase 84,51 %. Jadi saran yang penulis berikan pada pelaksanaan program ekstrakulikuler jurnalistik ini yaitu (1) Mempertahankan tampilan dan selalu update tentang kebutuhan pengguna; (2) Mematangkan rencana dan strategi guna memperlancar kegiatan; (3) Meningkatkan kedisiplinan siswa guna lebih memperlancar kegiatan; (4) Peningkatan kualitas produk sehingga menginpirasi pengguna.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, ekstrakulikuler, model CIPP
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 04 Oct 2016 15:02
Last Modified: 04 Oct 2016 15:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24012

Actions (login required)

View Item View Item