Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi pada Bilangan Riil Kelas X di SPMA H. MOENADI
Firdan Rizaldi , 1102411016 (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi pada Bilangan Riil Kelas X di SPMA H. MOENADI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi pada Bilangan Riil Kelas X di SPMA H. MOENADI)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi media pembelajaran memberikan potensi besar dalam aspek dalam kehidupan khususnya dunia pendidikan. Pemanfaatan teknologi sudah banyak digunakan pendidikan untuk memperoleh informasi, referensi dan berbagai pengembangan dari aspek keilmuan. Media pembelajaran interaktif adalah salah satu contoh perkembangan teknologi dalam pendidikan yang bisa dikembangkan oleh pendidik. Media pembelajaran interaktif bisa digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang mandiri dan bisa bersifat untuk membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan pembelajaran. Serta dapat membawa pengaruh terhadap siswa SPMA H. Moenadi yang merupakan sekolah kejuruan pertanian. Hasil belajar yang dihasilkan siswa terutama mata pelajaran yang sistematis dan memerlukan media yang cukup banyak untuk alat peraga masih dibawah rata-rata, terbukti dengan hasil belajar siswa yang masih banyak nilai dibawah KKM. Untuk itu peneliti mengembangkan sebuah media pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran interaktif dan untuk mengetahui hasil belajar Operasi pada Bilangan Riil pada mata pelajaran Matematilka mennggunakan media pembelajaran interaktif. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas X SPMA H. Moenadi. Desain eksperimen dalam penelitian ini adalah Pretest Postes Design. Pengambilan data diperoleh dengan metode tes untuk mendapatkan data peningkatan hasil belajar siswa yang kemudian dianalisis dengan uji-t satu sampel (pihak kiri) dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif mampu meningkatkan hasil belajar siswa SPMA H. Moenadi. Media pembelajaran interaktif berbasis flash dapat menjadi alternatif media pembelajaran bagi guru Matematika, agar siswa dapat meningkatkan semangat, motivasi dan hasil belajar. Untuk kedepan perlu adanya penggunaan media pembelajaran interaktif dalam proses pembelajaran di sekolah sebagai alternatif media pembelajaran untuk mengatasi permasalahan dalam proses belajar seperti kurangnya perhatian siswa dalam belajar, terbatasnya alat – alat peraga, kurang kondusifnya kegiatan belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Interaktif, Pengembangan, Teknologi |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 04 Oct 2016 12:50 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 12:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24011 |
Actions (login required)
View Item |