PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCATION MOBILE BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN IPA FISIKA KELAS VIII di MTs AL ASROR PATEMON KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG
Rafika Dwi Amelia , 1102410055 (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCATION MOBILE BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN IPA FISIKA KELAS VIII di MTs AL ASROR PATEMON KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCATION MOBILE BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN IPA FISIKA KELAS VIII di MTs AL ASROR PATEMON KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan pengamatan pembelajaran di MTs Al Aror menunjukkan adanya kendala pada pembelajaran IPA Fisika kelas VIII yang disampaikan oleh guru mata pelajaran, diantaranya: guru di dalam kelas menerangkan materi berpatokan pada buku paket, hal ini juga didukung dengan guru kesulitan dalam memberikan contoh-contoh dan membuat alat peraga atau media pembelajaran sehingga kesulitan dalam memberikan contoh visual kepada siswa. Siswa merasa jenuh, tidak suka terhadap IPA Fisika dan menganggap bahwa IPA Fisika itu pelajaran yang susah. Salah satu upaya untuk mengatasi kendala tersebut adalah mengembangkan sebuah media pembelajaran baru yang menarik bagi siswa, salah satunya adalah media pembelajaran education mobile berbasis android pada mata pelajaran IPA Fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development model ADDIE. Adapun populasi penelitian adalah kelas VIIIC, VIIID dan VIIIE. Sedangkan sampel penelitian adalah sebagian siswa kelas VIIID dan VIIIE yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, tes, dan angket/kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi layak dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran educaction mobile berbasis android pokok bahasan usaha dan energi. Hal ini dilihat dari hasil validasi isi dan tampilan media oleh ahli materi sebesar 82% dinyatakan baik. Aspek media dan kriteria oleh ahli media sebesar 91% dinyatakan sangat baik dan hasil produk dan keefektifan bagi siswa sebesar 91,3% dinyatakan sangat baik. Pembelajaran menggunakan media pembelajaran education mobile berbasis android terbukti efektif dilihat dari segi hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran education mobile berbasis android >75 dan ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok yang menggunakan media pembelajaran education mobile berbasis android dan kelompok yang tidak menggunakan media pembelajaran education mobile berbasis android. Guru hendaknya membekali dirinya lebih baik lagi dalam memanfaatkan dan mengembangkan media pembelajaran agar suasana belajar lebih menyenangkan tanpa mengurangi esensi dari materi pelajaran yang sedang disampaikan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Mata Pelajaran IPA, Pengembangan |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 04 Oct 2016 12:50 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 12:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/24008 |
Actions (login required)
View Item |