KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KUMON DENGAN TEKNIK PETA KONSEP (MIND MAPPING) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK 2 WONOSOBO (Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian)


Sarwono Aji , 7101411405 (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KUMON DENGAN TEKNIK PETA KONSEP (MIND MAPPING) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK 2 WONOSOBO (Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101411405_1.pdf]
Preview
PDF
Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 7101411405_2.pdf]
Preview
PDF
Download (235kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar dan proses belajar. Pembelajaran berhasil apabila hasil belajar sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dan siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi, hasil belajar siswa pada kompetensi dasar jurnal penyesuaian masih dibawah kriteria, dan berdasarkan hasil pengamatan proses pembelajaran, diketahui bahwa keaktifan belajar siswa masih tergolong rendah. Hasil belajar dan keaktifan belajar siswa tersebut masih perlu ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran kumon dengan teknik peta konsep (mind mapping) terhadap hasil belajar pokok bahasan jurnal penyesuaian pada siswa kelas X Akuntansi SMK 2 Wonosobo pada kompetensi dasar jurnal penyesuaian. Keefektifan pembelajaran dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa serta keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment, dengan desain yang digunakan yaitu non equivalent control group desaign. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh data yang menunjukan bahwa terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen. Rata-rata hasil belajar post test kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Simpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran kumon dengan teknik peta konsep (mind mapping) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar jurnal penyesuaian serta lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran dengan kurikulum 2013 (Saintifik).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kumon, Peta Konsep (Mind Mapping), Hasil Belajar, Kumon Learning Model, Mind Mapping, Learning Outcomes
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2016 17:55
Last Modified: 03 Oct 2016 17:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23993

Actions (login required)

View Item View Item