Persepsi Guru IPS Tentang Konsep Dan Penerapan Pembelajaran IPS Terpadu Di Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus
Rischa Agustina, 3201405014 (2009) Persepsi Guru IPS Tentang Konsep Dan Penerapan Pembelajaran IPS Terpadu Di Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Persepsi Guru IPS Tentang Konsep Dan Penerapan Pembelajaran IPS Terpadu Di Sekolah Menengah Pertama Di Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus)
- Published Version
Download (13MB) | Preview |
Abstract
Pembaharuan pendidikan harus selalu dilakukan yang tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, karena visi pendidikan sekarang lebih ditekankan pada pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi guru IPS terhadap konsep dan penerapan pembelajaran IPS terpadu di Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus? Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui persepsi guru IPS terhadap konsep dan penerapan pembelajaran IPS terpadu di Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus . Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah dengan metode kuantitatif yang akan menghasilkan data deskriptif berupa prosentase dan akan dianalisis dengan uji statistik parametrik yaitu uji t-Test berpasangan. Dengan sampel sebanyak 15 guru IPS SMP Se-Kecamatan Mejobo. Dari hasil penelitian responden didapatkan bahwa ada perbedaan antara persepsi guru IPS terhadap konsep dan penerapan pembelajaran IPS terpadu di Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus, dengan p value sebesar 0.000. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa persepsi guru IPS terhadap konsep pembelajaran IPS terpadu sebagian besar adalah dalam kategori baik, yaitu sebesar 66,7% dan kategori kurang baik sebesar 33.30%. Sedangkan untuk persepsi guru IPS terhadap penerapan pembelajaran IPS terpadu sebagian besar adalah dalam kategori baik yaitu sebesar 53,30%, dan kurang baik sebesar 46.70%. Saran dalam penelitian ini adalah: Bagi guru, diharapkan untuk lebih memahami mengenai konsep dan pelaksanaan IPS Terpadu agar tidak timbul adanya kesulitan menerapkan pembelajaran IPS Terpadu dan mau belajar disiplin ilmu sosial lain yang bukan latar belakang pendidikannya atau para guru mau melanjutkan studi S2 IPS.Perlu adanya peningkatan partisipasi MGMP IPS, organisasi profesi, LPTK serta peran masyarakat dalam upaya penyelesaian permasalahan pembelajaran terpadu. Perlu adanya sosialisasi tentang penerapan IPS terpadu kepada masyarakat dan praktisi pendidikan. Perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang pelaksanaan pembelajaran IPS terpadu di sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Konsep, dan Penerapan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 14 May 2011 02:58 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2398 |
Actions (login required)
View Item |