PERAN POLISI DALAM PENYELESAIAN TINDAK PIDANA TERHADAP HAK CIPTA (STUDI KASUS PERKARA NOMOR LP/166/V/2013/JATENG/RESKRIMSUS TENTANG KONTEN SIARAN TELEVISI)


Melia Edith Yosephine Simanungkalit, 8111411140 (2015) PERAN POLISI DALAM PENYELESAIAN TINDAK PIDANA TERHADAP HAK CIPTA (STUDI KASUS PERKARA NOMOR LP/166/V/2013/JATENG/RESKRIMSUS TENTANG KONTEN SIARAN TELEVISI). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111411140..pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Hak Cipta, Peran Polisi, Tindak Pidana Hak Cipta merupakan hak khusus bagi pencipta atau pemegangnya. Pencipta berhak atas manfaat ekonomi dari ciptaannya tersebut. Seiring berkembangnya kemajuan teknologi dewasa ini membuat mudah terjadinya tindak pidana atas hak cipta, permasalahan yang sering timbul adalah saling klaim dan pembajakan terhadap hak cipta. Salah satunya adalah kasus yang terjadi yaitu tindak pidana hak cipta konten siaran televisi yang dimana terdakwa menjual secara legal siaran televisi berbayar milik MNC Sky Vision Jakarta. Adapu dalam penanggulangan atas tindak pidana hak cipta ini harus ditindak lebih lanjut lagi, karena itu polisi sebagai salah satu aparat penegak hukum melakukan penyidikan atas tindak pidana hak cipta yang dilakukan oleh terdakwa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan peran polisi dalam mengungkap tindak pidana yang dilakukan oleh terdakwa dan mengetahui kendala yang dihadapi oleh penyidik dalam menangani perkara Muhammad Chidfriul Aziz bin Soleh (Studi Kasus Perkara Nomor LP/166/V/2013/Jateng/Reskrimsus Tentang Konten Siaran Televisi). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data dari skripsi ini adalah sumber data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran polisi dalam penyelesaian tindak pidana hak cipta dalam menjalankan tugasnya yaitu melakukan penyidikan sesuai dengan Undangundang yang ada. Kendala yang dihadapi oleh penyidik yaitu adalah kendala eksternal bahwa masih kurangnya kesadaran masyarakat akan pengenalan hak cipta dan vonis yang diajtuhkan hakim dirasakan kurang maksimal. Simpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan peran polisi dalam mengungkap kasus ini sudah sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku yaitu Pasal 71 ayat (1) Undang- Undang Hak Cipta Nomor 19 Tahun 2002 dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana. Hukuman yang dijatuhkan terhadap terdakwa kurang maksimal dan kurangnya kesadaran masyarakat akan hak cipta. Saran bagi polisi adalah untuk lebih tegas melakukan penegakan hukum atas tindak pidana hak cipta dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang larangan akan pembajakan tentang hak cipta.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hak Cipta, Peran Polisi, Tindak Pidana
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 03 Oct 2016 12:33
Last Modified: 04 Oct 2016 11:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23971

Actions (login required)

View Item View Item