Efektivitas Penerapan Metode Kasus Menggunakan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA SMA N 4 Semarang


Krida Puji Rahayu, 4301405087 (2009) Efektivitas Penerapan Metode Kasus Menggunakan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA SMA N 4 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Penerapan Metode Kasus Menggunakan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA SMA N 4 Semarang]
Preview
PDF (Efektivitas Penerapan Metode Kasus Menggunakan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA SMA N 4 Semarang) - Published Version
Download (18MB) | Preview

Abstract

XI IPA tahun ajaran 2007/2008, diperoleh data bahwa ketuntasan klasikal siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kurang dari 85% dan aktivitas belajar siswa yang rendah, sehingga diperlukan metode yang tepat dan dengan bantuan media untuk menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti menerapkan metode kasus dengan menggunakan media audiovisual agar tiap siswa mendapat gambaran secara jelas mengenai maksud dari kasus yang terkait dengan materi yang dibahas dan siswa terfokus pada inti dari kasus itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari penerapan metode kasus menggunakan media audio-visual terhadap hasil belajar kimia ditinjau dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA. Pengambilan sampel dilakukan secara acak menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas XI IPA-4 sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan menerapkan metode kasus menggunakan media audio-visual setelah dilakukan uji homogenitas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, tes, observasi dan angket. Berdasarkan hasil uji estimasi rata-rata diperoleh rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen antara 74,24-78,54 dan kelompok kontrol antara 66,08-70,94 dan dari hasil uji estimasi proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada kelompok eksperimen berkisar antara 93,7%-100%, sedangkan pada kontrol berkisar antara 63%-89%. Berdasarkan hasil uji ketuntasan belajar diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal untuk kelompok eksperimen sebesar 98% dan kelompok kontrol sebesar 76%. Dari hasil observasi terhadap ranah afektif dan ranah psikomotorik diperoleh nilai rata-rata siswa pada kelompok eksperimen ≥ 65, sedangkan dari hasil angket tanggapan siswa terhadap pembelajaran, siswa yang menjawab termotivasi untuk belajar sebesar 78,05% dan 17,07% tidak termotivasi. Siswa juga merasa senang untuk belajar sebesar 75,6% dan yang tidak merasa senang sebesar 10,76%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode kasus, media audio-visual
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 May 2011 02:52
Last Modified: 25 Apr 2015 04:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2397

Actions (login required)

View Item View Item