PENGARUH HASIL BELAJAR MATA KULIAH RIAS PENGANTIN JAWA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TATA KECANTIKAN


Margi Rahayuningsih Lestari, 5402411012 (2016) PENGARUH HASIL BELAJAR MATA KULIAH RIAS PENGANTIN JAWA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TATA KECANTIKAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH HASIL BELAJAR MATA KULIAH RIAS PENGANTIN JAWA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TATA KECANTIKAN]
Preview
PDF (PENGARUH HASIL BELAJAR MATA KULIAH RIAS PENGANTIN JAWA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TATA KECANTIKAN)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Saat ini perkembangan wirausaha menjadi topik yang diunggulkan di Negara-negara industri. Peranan Universitas dalam memotivasi mahasiswa menjadi wirausaha muda sangat penting dalam menumbuhkan jumlah wirausaha. Rias pengantin Jawa yang dipelajari mahasiswa dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bakatnya dalam bidang tata rias pengantin Jawa. Dengan melakukan aktifitas tersebut didapatkan hasil belajar yang memuaskan dan dapat dikembangkan menjadi suatu usaha dibidang tata rias pengantin Jawa setelah lulus nantinya, tanpa harus menunggu lowongan pekerjaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui minat berwirausaha mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Kecantikan, dan adakah pengaruh hasil belajar mata kuliah rias pengantin Jawa terhadap minat berwirausaha mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Kecantikan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survey. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi pendidikan tata kecantikan angkatan 2010–2012 yang berjumlah 99 mahasiswa. Pengambilan sampel yaitu tottal sampling dengan mengambil jumlah keseluruhan dari populasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian: (1) adanya minat berwirausaha mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Kecantikan yang tinggi, yaitu sebesar79,8 % untuk berwirausaha, (2) adanya pengaruh hasil belajar mata kuliah rias pengantin Jawa terhadap minat berwirausaha mahasiswa Prodi pendidikan tata kecantikan angkatan 2011 diperoleh hasil dari indeks determinasi sebesar 0,4392 atau 43,92%, sedangkan 56,08% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Saran, masyarakat diharapkan dapat mempercayakan atau menggunakan tata rias pengantin Jawa pada mahasiswa lulusan pendidikan tata kecantikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, hasil belajar, minat berwirausaha
Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY4 Tata Kecantikan S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2016 12:15
Last Modified: 29 Sep 2016 12:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23947

Actions (login required)

View Item View Item