EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK SEBAGAI INOVASI MATERI RIAS WAJAH PANGGUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMK N 3 MAGELANG

Anna Safitri, 5402411007 (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK SEBAGAI INOVASI MATERI RIAS WAJAH PANGGUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMK N 3 MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK SEBAGAI INOVASI MATERI RIAS WAJAH PANGGUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SMK N 3 MAGELANG)
Download (1886Kb)

    Abstract

    Pembelajaran materi rias wajah panggung di SMK N 3 Magelang penyampaian materi dengan metode ceramah, sehingga siswa terlihat jenuh dan bosan. Melihat hasil nilai ulangan 61,8% dengan nilai rata-rata 79 mendekati nilai KKM yaitu 78, sehingga sekitar 38,2% belum mencapai KKM dan harus melaksanakan remidi. Hal tersebut akan memakan waktu pertemuan karena pembelajaran rias wajah panggung tidak hanya materi rias wajah panggung peragawati saja. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar yaitu dengan menggunakan variasi pada proses pembelajaran. Pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu metode pembelajaran yang berperan bagi siswa dalam aktif belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran berbasis proyek apakah efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada materi rias wajah panggung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI kecantikan kulit SMK N 3 Magelang sejumlah 36 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Desain penelitian adalah the one group pretest-posttest design. Analisis data yang digunakan adalah uji t (ketuntasan belajar individual) dan uji z (ketuntasan belajar klasikal) dan uji peningkatan (gain). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: ketuntasan hasil belajar individual sebanyak 72,8% mencapai nilai KKM 78, ketuntasan belajar klasikal mencapai 88,25% dari nilai KKM 78, meningkatkan hasil belajar 24,57% dengan perolehan nilai awal rata-rata kelas 62,26 menjadi 86,83. Pembelajaran berbasis proyek hasilnya dalam kategori sedang hal ini disebabkan pada pertemuan pembelajaran kurang banyak karena siswa memerlukan waktu untuk belajar dalam menyelesaikan permasalahan yang sudah diberikan. Saran untuk penelitian ini guru dapat menerapkan pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran yang bersifat praktek atau keterampilan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: efektivitas, pembelajaran berbasis proyek, rias wajah panggung
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY4 Tata Kecantikan S1
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 28 Sep 2016 13:08
    Last Modified: 28 Sep 2016 13:08

    Actions (login required)

    View Item