PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR LEMBAGA PENDIDIKAN KETERAMPILAN MENJAHIT ZETA

Asiska Susanti, 5401911006 (2016) PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR LEMBAGA PENDIDIKAN KETERAMPILAN MENJAHIT ZETA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR LEMBAGA PENDIDIKAN KETERAMPILAN MENJAHIT ZETA)
Download (1504Kb)

    Abstract

    Disiplin bagi warga belajar berguna melatih, mendidik dan mengatur belajar secara teratur. Artinya kedisiplinan sangat diperlukan dalam usaha meningkatkan prestasi dalam belajar karena sifatnya yang mengatur dan mendidik. Perilaku tidak disiplin seperti datang terlambat, tidak menyelesaikan tugas tepat waktu, tidak mematuhi jadwal belajar dapat menjadikan pengajaran tidak mencapai target yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan terhadap pencapaian hasil belajar warga belajar dan seberapa besar pengaruh kedisiplinan terhadap pencapaian hasil belajar warga belajar di Lembaga Pendidikan Keterampilan menjahit Zeta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 24 orang. Teknik sampel menggunakan teknik total sampling. Variable penelitian ini ada dua yaitu, variable bebas (x) adalah kedisiplinan dengan indikator: kepatuhan, ketertiban, ketaatan dan kesadaran, sedangkan variable terikat (y) adalah pencapaian hasil belajar dengan indikator aktifitas belajar dan tes praktek keterampilan menjahit. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, angket, dan wawancara. Validitas dan reliabilitas menggunakan product moment dan Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas warga belajar memiliki usia 20- 30 tahun sebesar 58,33%, tingkat pendidikan SMP sebesar 50%, pekerjaan adalah ibu rumah tangga sebesar 58,33% dan semua warga belajar bertempat tinggal di dalam kota. Hasil uji hipotesis menunjukkan koefisien regresi sebesar 0,353dan diperoleh terhitung 6.142 dengan nilai signifikansi 0,00< 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Yang berarti bahwa kedisiplinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pencapaian hasil belajar warga belajar di LPK Zeta diterima. Besarnya pengaruh kedisiplinan terhadap pencapaian hasil belajar warga belajar dengan kontribusi sebesar 63,2 % selebihnya (36,8%) dari faktor lain di luar variabel yang diteliti tersebut. Simpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh kedisiplinan terhadap pencapaian hasil belajar warga belajar di Lembaga Pendidikan Keterampilan menjahit Zeta. Saran bagi warga belajar untuk lebih menaati semua aturan yang berlaku dan bersungguh-sungguh dalam pembelajaran di LPK Zeta dan bagi warga belajar untuk lebih berani bertanya dan berpendapat pada saat diskusi berlangsung.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Pencapaian Hasil Belajar, LPK Zeta
    Subjects: T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 28 Sep 2016 12:55
    Last Modified: 28 Sep 2016 12:55

    Actions (login required)

    View Item