ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHA PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH MAKANAN KECAMATAN TEMBALANG DI KOTA SEMARANG

Astrin Scholastika , 7101411388 (2016) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHA PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH MAKANAN KECAMATAN TEMBALANG DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (19Kb)
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (218Kb)

      Abstract

      Peningkatan para pelaku usaha makanan di Kota Semarang, pada tahun 2011 sebanyak 80 pelaku usaha, tahun 2012 bertambah 85 pelaku usaha, pada tahun 2013 bertambah 92 pelaku usaha, dan pada tahun 2014 bertambah menjadi 108 pelaku usaha makanan yang ada di Kota Semarang. Dengan peningkatan para pelaku usaha makanan tersebut ternyata tidak berdampak baik pada pendapatan yang diperoleh. Dari jumlah seluruh pendapatan UMKM makanan yang berada di Kota Semarang, pada tahun 2011 pendapatan mereka mencapai Rp. 13.13.000.000, pada tahun 2012-2013 mengalami penurunan 28,90% yaitu menjadi Rp. 9.323.000.000, pada tahun 2013 mengalami penurunan mencapai 53,33% yaitu menjadi Rp. 4.351.000.000, dan pada tahun 2014 juga mengalami penurunan sebesar 32,58% yaitu menjadi Rp.2.933.657.000. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian regrresi linier berganda. Subjek penelitian adalah para pelaku usaha makanan yang berada di Kecamatan Tembalang Kota Semarang, data awal yang diterima dari Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang, jumlah pelaku usaha makanan yang terdaftar sebanyak 38 pelaku usaha. Setelah peneliti melakukan penelitian secara langsung hanya tersisa 36 pelaku usaha yang masih aktif menjalankan usahanya. Metode pengumpulan data adalah observasi, dan kuisioner (angket). Hasil penelitian diperoleh (Uji F) untuk varibael (X1) manajemen, (X2) lokasi usaha, (X3) pemasaran, diperoleh sebesar 0,992 dengan probabilitas 0,000. Karena 0,000<0,05 maka X1, X2, X3, ada pengaruh terhadap perolehan pendapatan usaha. Untuk (Uji t) variabel X1 di peroleh t hitung sebesar 1,030 dengan probabilitas 0,001. Untuk X2 diperoleh t hitung sebesar 2,510 dengan probabilitas 0,020. Untuk X3 di peroleh t hitung sebesar 2,596 dengan probabilitas 0,000. Untuk (Uji R2) variabel XI, X2, X3 diperoleh sebesar 0,791(79,1%). Dan untuk (Uji r2) untuk X1 diperoleh r hitung sebesar (0,305)2 atau 0,093 (9,3%), X2 diperoleh r hitung sebesar (0,490)2 atau 0,240 (24%), dan X3 diperoleh r hitung sebesar (0,567)2 atau 0,321 (32,1%). Saran dalam penelitian ini adalah membuat strataegi dan pelatihan secara berkesinambungan terkait dengan pengembangan kreatifitas dan inovasi yang mendukung UMKM dan pada akhirnya tercapai apa yang diinginkan oleh para pelaku usaha.

      Item Type: Thesis (Under Graduates)
      Uncontrolled Keywords: Manajemen, Lokasi Usaha, Pemasaran, Management, Business Location, Marketing
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
      H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
      Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
      Depositing User: maria perpus unnes
      Date Deposited: 02 Oct 2016 15:55
      Last Modified: 02 Oct 2016 15:55

      Actions (login required)

      View Item