PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PROGRAM LINTAS MINAT EKONOMI SMA N 1 BINANGUN KABUPATEN CILACAP (StudiPada Kelas X TahunAjaran 2014/2015)

AdhesEsalyaAfriska , 7101411359 (2015) PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH PROGRAM LINTAS MINAT EKONOMI SMA N 1 BINANGUN KABUPATEN CILACAP (StudiPada Kelas X TahunAjaran 2014/2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (53Kb)
    [img]
    Preview
    PDF
    Download (156Kb)

      Abstract

      Pengambilan keputusan merupakan proses penentuan serangkaian kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan, proses pengambilan keputusan ini pada dasarnya adalah memilih salah satu alternatif dari berbagai alternatif yang tersedia. Alternatif yang akan dipilih dipengaruhi oleh faktor-faktor yang ada di lingkungan individu masing-masing bisa berasal dari dalam diri siswa dan faktor dari luar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh minat dan motivasi siswa terhadap keputusan siswa memilih program lintas minat konomi pada kelas X di SMA N 1 Binangun. Penelitian ini bertujun untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh variabel motivasi dan minat terhadap keputusan iswa memilih program lintas minat ekonomi di SMA N 1 Binangun. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA di SMA N 1 Binangun.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel populasi.Seluruh jumlah populasi digunakan sebagai sampel, jadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 134 siswa.Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu motivasi dan minat dan variabel terikat yaitu keutusan siswa memilih program lintas minat ekonomi.Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode angket. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif presentase dan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin tinggi motivasi dan minat maka akan semakin menguatkan keputusan memilih program lintas minat ekonomi. Saran dalam penelitian ini hendaknya siswa memilih program lintas minat berdasarkan keinginan yang muncul dari dalam diri bukan berdasarkan pengaruh teman, sehingga siswa dengan senang hati memberikan perhatian penuh saat menerima pelajaran dan dapat mengatasi kesulitan-kesulitan yang mereka temui.

      Item Type: Thesis (Under Graduates)
      Uncontrolled Keywords: Minat, Motivasi, Pemilihan Program Lintas Minat, Interest, Motivation, Cross Program Selection Interests
      Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
      L Education > L Education (General)
      L Education > LB Theory and practice of education
      L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
      Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
      Depositing User: maria perpus unnes
      Date Deposited: 03 Oct 2016 13:58
      Last Modified: 03 Oct 2016 13:58

      Actions (login required)

      View Item