PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, PENGALAMAN DIKLAT, DAN DISIPLIN KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU AKUNTANSI DI SMK SWASTA PROGRAM BISNIS DAN MANAJEMEN SE-KABUPATEN WONOGIRI
Fensi Bagus Permadi , 7101411350 (2015) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, PENGALAMAN DIKLAT, DAN DISIPLIN KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU AKUNTANSI DI SMK SWASTA PROGRAM BISNIS DAN MANAJEMEN SE-KABUPATEN WONOGIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (51kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (193kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal kinerja guru akuntansi yang belum optimal. Hal ini dilihat dari metode pembelajaran yang kurang inovatif, belum maksimalnya pembuatan KBM, kurang optimalnya penggunaan multimedia dalam proses pembelajaran, guru jarang mendapatkan pendidikan dan pelatihan dan kedisiplinan guru masih yang kurang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 46 orang guru akuntansi yang tersebar di sebelas SMK Swasta Program Bisnis dan Manajemen se-Kabupaten Wonogiri. Variable yang diteliti dalam penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah, pengalaman diklat, dan disiplin kerja guru sebagai variable bebas, serta kinerja guru akuntansi sebagai variable terikat. Metode pengumpulan data dengan angket atau kuesioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif statistik dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan rata-rata kinerja guru akunatnsi, pengalaman diklat, dan disiplin kerja dalam kategori cukup, sedangkan kepemimpinan kepala sekolah dalam kategori baik. Hasil analisis regresi dengan SPSS v.21 menunjukkan terdapat pengaruh secara parsial antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, terdapat pengaruh secara parsial antara pengalaman diklat terhadap kinerja guru, terdapat pengaruh secara parsial antara disiplin kerja guru terhadap kinerja guru, dan terdapat pengaruh secara simultan kepemimpinan kepala sekolah, pengalaman diklat, dan disiplin kerja guru terhadap kinerja guru. Simpulan secara parsial dan simultan kepemimpinan kepala sekolah, pengalaman diklat, dan disiplin kerja guru berpengaruh terhadap kinerja guru Akuntansi di SMK Swasta se-kabupaten Wonogiri. Saran yang dapat penulis berikan yaitu: kepala sekolah sebaiknya mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh guru dan mengembangkan potensi sekolah secara maksimal sehingga dapat memajukan sekolah, kepala sekolah perlu memberikan penghargaan atas pretasi kerja yang dicapai guru sehingga guru dapat meningkatkan kinerjanya, guru sebaiknya senantiasa meningkatkan kualifikasi akademiknya agar dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan dunia pendidikan, pendidikan dan pelatihan guru sebaiknya ditingkatkan agar guru memiliki bekal yang memadai untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik, kedisiplinan guru sebaiknya senantiasa ditingkatkan agar dapat menyelesaikan tugasnya tepat waktu dan dapat menjadi teladan bagi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pengalaman Diklat, Disiplin Kerja Guru, Kinerja Guru Akuntansi, Principal’s Leadership, Training Experience, Teachers’Work Discipline, Accounting Teachers Performance |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Users 22799 not found. |
Date Deposited: | 03 Oct 2016 17:57 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 17:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23925 |
Actions (login required)
View Item |