EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KOMPETENSI DASAR PEMBANGUNAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 1 BATANG


Mursal Fajar Hakim, 7101411289 (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KOMPETENSI DASAR PEMBANGUNAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 1 BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101411289_1.pdf]
Preview
PDF
Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 7101411289_2.pdf]
Preview
PDF
Download (157kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SMA Negeri 1 Batang, diketahui bahwa hasil belajar siswa pada kompetensi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi masih rendah. Secara material kompetensi dasar pembangunan dan pertumbuhan ekonomi cukup rumit sehingga dalam pembelajarannya diperlukan adanya pemahaman yang komprehensif. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui efektivitas model quantum learning berbantuan mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar pembangunan dan pertumbuhan ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Batang. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Batang sebanyak 65 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan membandingkan mean nilai ulangan tengah semester dari kedua kelas. Sehingga diperoleh kelas XI H sebagai kelas eksperimen dan kelas XI I sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji t. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan hasil sebagai berikut: (1) berdasarkan analisis dengan uji Paired Sample T-Test diperoleh bahwa nilai signifikansi < 0,05 sehingga Model Quantum Learning berbantuan mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi; (2) berdasarkan analisis dengan uji Independent Sample TTest diperoleh bahwa nilai signifikansi < 0,05 sehingga Model Quantum Learning berbantuan mind mapping lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan model pembelajaran konvensional siswa pada kompetensi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model Quantum Learning berbantuan mind mapping efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi kelas XI IIS SMA Negeri 1 Batang tahun ajaran 2015/2016. Saran yang diberikan adalah model Quantum Learning berbantuan mind mapping dapat diterapkan guru sebagai salah satu variasi model dan media pembelajaran Ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Hasil belajar, Mind mapping, Quantum learning, Learning Model, Learning Achievement, Mind Mapping, Quantum Learning
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2016 17:53
Last Modified: 03 Oct 2016 17:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23910

Actions (login required)

View Item View Item