MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR EKONOMI MATERI PENDAPATAN NASIONAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PHAIR-SHARE SISWA KELAS X-B SMA N 1 GEMUH TAHUN PELAJARAN 2014/2015.


Afik Kurniawan , 7101411272 (2015) MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR EKONOMI MATERI PENDAPATAN NASIONAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PHAIR-SHARE SISWA KELAS X-B SMA N 1 GEMUH TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101411272_1.pdf]
Preview
PDF
Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 7101411272_2.pdf]
Preview
PDF
Download (158kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran materi pendapatan nasional siswa kelas X-B SMA N 1 Gemuh belum menunjukkan hasil yang maksimal. Ini ditunjukkan siswa yang lulus materi pokok pendapatan nasional hanya 13 siswa (46%) dari total siswa yaitu 28 siswa. Model pembelajaran yang digunakan guru masih model konvensional. Penggunaan model konvensional diduga kurang tepat diterapkan pada pembelajaran materi pendapatan nasional. Sehingga peneliti melakukan penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran yang lain yaitu think pair share. Model think pair share digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar. Namun masalahnya apakah model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar ekonomi materi pendapatan nasional kelas X-b SMA N 1 Gemuh? Subjek penelitian yaitu siswa kelas X-B SMA N 1 Gemun tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata-rata keaktifan siswa mencapai 72,5% dan pada siklus II meningkat 12,5% menjadi 85%. Kemudian rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 73,57 dan pada siklus II meningkat 4,47 menjadi 78,04. Siswa yang lulus pada siklus I sebanyak 22 siswa dan pada siklus II dapat ditingkatkan menjadi 25 siswa. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X-B SMA N 1 Gemuh tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Nasional, Think Pair Share, National Income, Think Pair Share Learning Model
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2016 17:55
Last Modified: 03 Oct 2016 17:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23907

Actions (login required)

View Item View Item