ANALISIS KELAYAKAN ISI BUKU TEKS MATA PELAJARAN EKONOMI SMA KELAS X BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATAUAN PENDIDIKAN ( KTSP ) DI KABUPATEN SEMARANG


Koeri Ulinuha , 7101411253 (2016) ANALISIS KELAYAKAN ISI BUKU TEKS MATA PELAJARAN EKONOMI SMA KELAS X BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATAUAN PENDIDIKAN ( KTSP ) DI KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101411253_1.pdf]
Preview
PDF
Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 7101411253_2.pdf]
Preview
PDF
Download (163kB) | Preview

Abstract

Buku teks merupakan salah satu sumber belajar yang mempunyai peran penting dalam kegiatan pembelajaran di kelas . Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah keberadaan buku teks ekonomi terbitan swasta yang banyak digunakan SMA kelas X di Kabupaten semarang yang belum diketahui kualitasnya untuk digunakan dalam pembelajaran sehingga perlu dilakukan penelitian mengenai status kelayakan isi buku teks pelajaran ekonomi kelas X. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah buku teks ekonomi SMA kelas X yang digunakan di Kabupaten Semarang sudah memenuhi standar kelayakan isi buku teks ekonomi menurut BSNP. Dan manfaat penelitian ini dapat memilih dan mempertimbankan dalam memilih buku teks pelajaran untuk refrensi belajar baik pihak siswa, guru dan pihak sekolah Penelitian ini dilakuakan terhadap isi buku teks pelajaran yang dianalisis secara kualitatif. Sehingga penelitian ini disebut penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penelitian yang di gunakan adalah adalah teknik triangulasi. Analisis buku teks ekonomi untuk SMA kelas X melibatkan 5 orang penilai, yaitu 5 guru ekonomi. Dari 5 SMAN yang mengunakan buku teks pelajaran ekonomi dengan pengarang Alam S. dan penerbit Esis. Teknik pengumpulan data dengan lembar penilaian buku teks ekonomi dari BSNP dan menggunakan teknik wawancara terhadap dua guru ekonomi untuk memperkuat hasil dari penilaian dari buku teks ekonomi kelas X.Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa hasil penilaian yang berupa skor penilian dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku yang dianalisis termasuk dalam kriteria baik dan layak digunakan dengan perolehan persentase skor ratarata 80,85% pada komponen kesesuaian materi dengan kurikulum, 78,61% pada komponen cakupan materi, 79,63% pada komponen akurasi materi dan 74,22% pada komponen materi pendukung pembelajaran. hasil tersebut juga diperkuat oleh pendapat dua guru ekonomi yang menyatakan bahwa secara keseluruhan buku teks karangan Alam S. Terbitan Isis sudah baik dan sangat layak. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa buku ekonomi SMA Kelas X karangan Alam S. yang digunakan di Kabupaten Semarang sudah memenuhi standar kelayakan isi menurut BSNP. Buku teks ekonomi untuk SMA Kelas X karangan Alam S. dapat digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran ekonomi di SMA kelas X. Selain itu, perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menganalisis buku teks ekonomi lain yang digunakan di Kabupaten Semarang. Hal itu dimaksudkan untuk mengetahui kualitas buku teks ekonomi yang digunakan di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Buku Teks Ekonomi, dan Kelayakan Isi, The analysis of the, Economic textbooks, And The eligibility of the contents
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2016 19:56
Last Modified: 02 Oct 2016 19:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23904

Actions (login required)

View Item View Item