PENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL), MINAT MENJADI GURU DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA MENJADI GURU YANG PROFESIONAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI TAHUN ANGKATAN 2011 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Aditya Yulianto , 7101411215 (2015) PENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL), MINAT MENJADI GURU DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA MENJADI GURU YANG PROFESIONAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI TAHUN ANGKATAN 2011 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1353Kb)

    Abstract

    Observasi awal yang dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun angkatan 2011 Fakultas Ekonomi Unnes, diketahui bahwa kesiapan menjadi guru yang profesional pada mahasiswa masih belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh praktik pengalaman lapangan, minat menjadi guru dan prestasi belajar terhadap kesiapan menjadi guru yang profesional pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun angkatan 2011 Fakultas Ekonomi Unnes. Populasi penelitian adalah mahasiswa Progam Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi tahun angkatan 2011 Fakultas Ekonomi Unnes sebanyak 174 mahasiswa. Sampel dari penelitian ini sebanyak 122 mahasiswa. Metode pengumpulan data penelitian berupa angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif presentrase, statistik inferensial dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan praktik pengalaman lapangan, minat menjadi guru dan prestasi belajar berpengaruh positif terhadap kesiapan menjadi guru yang profesional. praktik pengalaman lapangan, minat menjadi guru dan prestasi belajar secara simultan sebesar 57,4%. Secara parsial Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berpengaruh sebesar 15,44% , Minat Menjadi Guru 37,09 % dan prestasi belajar sebesar 7,90% Simpulan penelitian ini berupa praktik pengalaman lapangan, minat menjadi guru dan prestasi belajar berpengaruh terhadap kesiapan menjadi guru yang profesional baik secara simultan maupun secara parsial. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini adalah sebaiknya mahasiswa memperbanyak referensi tentang akuntansi, mengikuti berbagai forum diskusi akuntansi yang diadakan baik secara formal maupun informal guna meningkatkan wawasan mengenai bidang studi akuntansinya; mahasiswa diharapkan agar meningkatkan hasrat untuk menjadi guru yang tinggi dengan mengenal lebih jauh tentang profesi guru, mencari tahu kabar dan informasi mengenai profesi keguruan melalaui media cetak maupun media internet juga memanfatkan kegiatan praktik pengalaman lapangan dengan sungguh-sungguh yang dapat menunjang kesiapannya untuk menjadi guru.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kesiapan Menjadi Guru yang Profesional, Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan, Minat Menjadi Guru, Prestasi Belajar, Readiness Being a Professional Teacher, Practice Field Experience, Interest Becoming a Teacher, Learning Achievement
    Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: maria perpus unnes
    Date Deposited: 03 Oct 2016 13:59
    Last Modified: 03 Oct 2016 13:59

    Actions (login required)

    View Item