MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN STRATEGI MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) PADA MATERI INDEKS HARGA DAN INFLASI KELAS XI IIS SMA NEGERI 1 KERTEK WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Rizkiani Utami Yusuf , 7101411176 (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN STRATEGI MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) PADA MATERI INDEKS HARGA DAN INFLASI KELAS XI IIS SMA NEGERI 1 KERTEK WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101411176_(1).pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa. Hasil belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Kertek Wonosobo pada materi indeks harga dan inflasi menunjukkan masih banyak yang belum mencapai KKM. Hal ini menjadi salah satu indikasi bahwa materi indeks harga dan inflasi perlu inovasi model dan strategi pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami materi. Harapannya dalam proses KBM siswa berperan aktif, memahami materi yang diajarkan dan saat evaluasi siswa memperoleh hasil belajar diatas KKM. Model Problem Based Learning (PBL) dengan Strategi Mind Mapping menjadi salah satu model dan strategi pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Strategi Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi dan hasil belajar ekonomi lebih tinggi dibandingkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan pola pretestposttest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 1 Kertek Wonosobo tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 3 kelas sebanyak 70 siswa. Sampel penelitian dipilih secara random yang kemudian diperoleh kelas XI IIS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IIS 2 sebagai kelas kontrol.Metode pengumpulan data yaitu dengan tes dan observasi. Pengujian H1 yaitu menggunakan uji paired sample t-test dan H2 menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah perlakuan dengan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Strategi Mind Mapping dilihat dari rata-rata nilai pre-test yaitu 55,30 dan post-test sebesar 80,35 pada kelas eksperimen. Selain itu juga menunjukkan adanya perbedaan hasil rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 80,35 lebih tinggi dibandingkan post-test kelas kontrol sebesar 74,88. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model Problem Based Learning (PBL) dengan Strategi Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi indeks harga dan inflasi. Kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran dengan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Strategi Mind Mapping memperoleh hasil belajar lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Problem Based Learning (PBL), strategi mind mapping, Indeks Harga dan Inflasi, Learning Results, Problem Based Learning (PBL) Model, Mind Mapping Strategy, Price Index and Inflation,
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2016 17:55
Last Modified: 03 Oct 2016 17:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23895

Actions (login required)

View Item View Item