PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, LINGKUNGAN KERJA FISIK, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI 1 SALATIGA


Yesica Isnaini Setyaningtyas , 7101411161 (2015) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, LINGKUNGAN KERJA FISIK, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI 1 SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101411161_(1).pdf]
Preview
PDF
Download (966kB) | Preview

Abstract

Sekolah merupakan tempat menuntut ilmu dan berlangsungnya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) guru memiliki peran sangat penting. Guru sebagai tenaga pendidik harus menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab. Namun dalam kenyataan masih terdapat beberapa kendala yang menyebabkan guru kurang maksimal dalam melaksanakan kinerjanya. Kendala yang masih dihadapi oleh guru dalam pencapaian kinerja ditunjukkan dalam proses pembelajaran, penggunaan waktu dalam kerja, dan kerjasama dengan orang lain dalam bekerja. Populasi penelitian ini adalah guru SMK Negeri 1 Salatiga berjumlah 95 guru. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMK Negeri 1 Salatiga, karena penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linier berganda diperoleh: Y= 5.122+0.132X1+0.353X2+0.163X3. Uji F diperoleh Fhitung= 54.354, sehingga H4 diterima. Secara parsial (uji t) untuk variabel kepemimpinan kepala sekolah (X1) diperoleh thitung= 2.097, sehingga H1 diterima. Variabel lingkungan kerja fisik (X2) diperoleh thitung= 5.187, sehingga H2 diterima. Variabel motivasi kerja (X3) diperoleh thitung= 3.248, sehingga H3 diterima. Secara simultan (R2) kepemimpinan kepala sekolah, lingkunga kerja fisik, dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 64,20% sedangkan sisanya 35,80% dipengaruhi faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Simpulan penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja, dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru baik secara simultan maupun parsial. Saran penelitian ini adalah berkaitan dengan kepemimpinan kepala sekolah, kepala sekolah dalam melaksanakan kegiatan supervisi pada guru sebaiknya secara proporsional memberi informasi rencana kegiatan supervisi. Pembaruan atau mengganti warna cat putih tulang, akan terlihat lebih bersih dan enak dilihat. Selain itu akan meningkatakan konsentrasi dan kenyamanan dalam bekerja. Motivasi yang diberikan oleh kepala sekolah lewat pengawasan lebih ditingkatkan untuk memberikan rasa semangat dan kepercayaan diri pada guru. Penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan kinerja guru, disarankan agar mengembangkan variabel lain yang belum diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Lingkungan Kerja Fisik, Motivasi Kerja, Kinerja Guru, Headmaster’s Leadership, Physical Working Environment, Working Motivation, Teachers’ Performance
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2016 17:57
Last Modified: 03 Oct 2016 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23891

Actions (login required)

View Item View Item