Peningkatan Keterampilan Menulis Buku Harian dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Langsung (Direct Method Instruction) dan Teknik Modeling pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 30 Semarang


Rumi Zakhiatus Sholikhah, 2101405625 (2009) Peningkatan Keterampilan Menulis Buku Harian dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Langsung (Direct Method Instruction) dan Teknik Modeling pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 30 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Buku Harian dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Langsung (Direct Method Instruction) dan Teknik Modeling pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 30 Semarang]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Buku Harian dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Langsung (Direct Method Instruction) dan Teknik Modeling pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 30 Semarang) - Published Version
Download (23MB) | Preview

Abstract

Kegiatan menulis merupakan kegiatan yang dilakukan oleh para siswa setiap harinya. Namun, pada kenyataannya banyak siswa yang mengeluh jika kegiatan belajar sampai pada pokok pembelajaran menulis. Banyak siswa yang merasa belum mampu menyusun dan menggunakan kalimat dengan struktur yang baik dan benar. Banyak siswa juga belum bisa menuangkan gagasan dalam bahasa tulis yang baik, keadaan ini akan menghambat keberhasilan pembelajaran menulis di kelas. Salah satunya adalah keterampilan menulis buku harian yang merupakan keterampilan yang harus dimiliki pada jenjang sekolah menengah pertama. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia diketahui bahwa tingkat keterampilan menulis buku harian siswa kelas VII E SMP Negeri 30 Semarang masih rendah. Rendahnya keterampilan siswa dalam menulis buku harian disebabkan oleh faktor metode dan teknik pembelajaran yang digunakan guru masih kurang sesuai dan bersifat konvensional. Selain itu, guru hanya memberikan materi pembelajaran menulis buku harian saja tidak disertai dengan memberikan contoh-contoh buku harian, sehingga ketika siswa disuruh menulis buku harian siswa benar-benar kesulitan. Selain itu dalam menulis, pilihan kata yang digunakan oleh siswa kurang bervariasi. Hal ini terbukti bahwa siswa sering mengulang-ulang kata yang sama pada kalimat/paragraf berikutnya. Dalam penggunaan ejaan dan tanda bacanya masih kurang tepat, kalimat yang dibuat siswa kurang padu (dalam hal ini ada kaitannya dengan kohesi dan koherensi), dan bahasa yang digunakan kurang tepat, sehingga hasil karangannya kurang menarik untuk dibaca. Untuk mengatasi rendahnya keterampilan menulis buku harian tersebut, peneliti memberikan solusi pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran langsung(direct method instruction) dan teknik modeling. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis buku harian pada siswa kelas VII E SMP Negeri 30 Semarang tahun ajaran 2008/2009 setelah pembelajaran menulis buku harian dengan menggunakan metode pembelajaran langsung (direct method instruction) dan teknik modeling, dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas VII E SMP Negeri 30 Semarang tahun ajaran 2008/2009 setelah diadakan pembelajaran menulis buku harian dengan metode pembelajaran langsung(direct method instruction) dan teknik modeling. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis buku harian pada siswa kelas VII E SMP Negeri 30 Semarang tahun ajaran 2008/2009 setelah pembelajaran menulis buku harian dengan menggunakan metode pembelajaran langsung (direct method instruction) dan teknik modeling, dan (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VII E SMP Negeri 30 Semarang tahun ajaran 2008/2009 setelah diadakan pembelajaran menulis buku harian dengan metode pembelajaran langsung(direct method instruction) dan teknik modeling. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data yang digunakan berupa pedoman observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data tes dapat diketahui bahwa keterampilan menulis buku harian siswa kelas VII E SMP Negeri 30 Semarang tahun ajaran 2008/2009 setelah mengikuti pembelajaran menulis buku harian dengan metode pembelajaran langsung(direct method instruction) dan teknik modeling telah terbukti mengalami peningkatan. Hasil tes pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 67,32, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yang mencolok, yaitu memeroleh nilai rata-rata kelas sebesar 78,40. Hal ini menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 16,44 %. Peningkatan keterampilan menulis buku harian tersebut diikuti dengan perubahan perilaku siswa ke arah positif, yaitu semakin aktif dan antusias dengan pembelajaran menulis buku harian dengan metode pembelajaran langsung(direct method instruction) dan teknik modeling. Dari hasil penelitian tersebut, saran yang dapat peneliti rekomendasikan antara lain (1) guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia kiranya dapat memanfaatkan metode pembelajaran langsung (direct method instruction) dan teknik modeling sebagai salah satu alternatif teknik pembelajaran dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. Dengan metode dan media tersebut telah terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks berita. Selain itu, metode dan teknik ini juga membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan meyenangkan. Hal ini disebabkan siswa diajak untuk belajar bekerjasama secara berkelompok dengan disertai media koran untuk bisa dimanfaatkan siswa dalam menambah wawasan. Penerapan metode metode pembelajaran langsung (direct method instruction) dan teknik modeling diharapkan mampu membuat proses pembelajaran bahasa khususnya pada aspek keterampilan menulis menjadi lebih bervariasi; (2) siswa hendaknya bisa memanfaatkan metode pembelajaran langsung (direct method instruction) dan teknik modeling dalam pembelajaran yang lebih lanjut. Dengan metode dan teknik tersebut dapat diketahui kemampuan siswa dalam bekerjasama untuk memecahkan masalah, sehingga siswa akan semakin semangat untuk mengembangkan keterampilan yang dimilikinya kemudian hari. Tidak menutup kemungkinan bagi siswa untuk menggunakan metode pembelajaran langsung (direct method instruction) dan teknik modeling pada pelajaran yang lain; dan (3) peneliti-peneliti yang lain kiranya dapat melakukan penelitianpenelitian pengembangan yang lebih lanjut mengenai keterampilan menulis buku harian. Upaya-upaya peningkatan keterampilan siswa, khususnya keterampilan menulis, akan menambah wawasan dan pengetahuan serta akan membantu guru untuk memecahkan hambatan-hambatan yang sering kali muncul dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis buku harian, metode pembelajaran langsung (direct method instruction) dan teknik modeling
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 May 2011 02:10
Last Modified: 25 Apr 2015 04:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2389

Actions (login required)

View Item View Item