PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SDN KEDUNGOLENG 04 KEC. PAGUYANGAN KAB. BREBES

Aprilia Tri Wulandari , 1102411102 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SDN KEDUNGOLENG 04 KEC. PAGUYANGAN KAB. BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (1476Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam memilih kata, mengembangkan kalimat, dan menggunakan ejaan dalam mengarang masih sangat kurang. Hal ini ditunjukkan dengan ketercapaian KKM dari 22 siswa yang bisa mencapai KKM hanya 22% dalam menulis karangan berupa narasi, sedangkan yang belum mencapai KKM 78%. Salah satu penyebabnya adalah guru belum menggunakan media pembelajaran sehingga siswa kurang semangat dalam belajar dan terlihat pasif karena pembelajaran terlihat monoton. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Untuk memperbaiki pembelajaran menulis narasi di kelas, digunakan media gambar berseri sebagai upaya merangsang siswa aktif dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media gambar berseri serta menguji keefektifannya dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa. Jenis penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D), dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Desain dalam penelitian ini menggunakan Pretest Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kedungoleng 04 yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes menulis karangan narasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil mengarang siswa sebelum dan sesudah penggunaan media gambar berseri. ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan sebesar 0,43 yang diuji dengan menggunakan uji normalized gain. Selain itu adanya perbandingan thitung dan ttabel dengan pengujian uji t (pihak kiri) diperoleh thitung = 42,709 dengan α = 5% maka ttabel = 21. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berseri mampu meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa SDN Kedungoleng 04.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Gambar Berseri, Keterampilan Menulis Narasi
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: dina perpustakaan
    Date Deposited: 02 Oct 2016 16:05
    Last Modified: 02 Oct 2016 16:05

    Actions (login required)

    View Item