PENGEMBANGAN SMART SCIENCE LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA TERPADU MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BAE KUDUS


Mochammad Taufiq Noor , 1102411090 (2016) PENGEMBANGAN SMART SCIENCE LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA TERPADU MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BAE KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102411090.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sistem pencernaan manusia merupakan pembelajaran yang bersifat abstrak karena siswa tidak mampu melihat secara langsung proses pencernaan dari makanan masuk hingga keluar menjadi sisa-sisa makanan. pelaksanaan pembelajaran IPA Terpadu di kelas semua guru sudah menggunakan model pembelajaran yang cukup interaktif akan tetapi ada beberapa guru yang masih menyampaikan materi pelajaran secara pasif dengan metode ceramah dan ada beberapa yang menggunakan media power point sederhana. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan Smart Science Learning materi sistem pencernaan manusia di SMP Negeri 1 Bae Kudus. dan apakah penerapan Smart Science Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bae Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan produksi Smart Science Learning berb materi sistem pencernaan manusia di SMP Negeri 1 BAE Kudus. Serta media Smart Science Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development. Adapun popuasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bae Kudus. Sedangkan sampel dalam penelitian yaitu siswa kelas VIII C. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Smart Science Learning efektif pada pembelajaran sistem pencernaan manusia. Karena sebagian besar siswa mencapai indikator ketuntasan klasikal sebesar 96,87%. Keaktifan siswa menunjukan hasil 83,71% sangat baik ketika mengisi angket penerapan media Smart Science Learning. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan Smart Science Learning sangat efektif digunakan dalam pembelajaran sistem pencernaan manusia. Saran dari penelitian ini hendaknya guru lebih mengembangan media yang lebih interaktif untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA Terpadu karena siswa lebih tertarik dan antusias untuk mengikuti pembelajaran ketika guru menggunakan media.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, Pengembangan, Sistem Pencernaan, Smart Science Learning, Media
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2016 20:05
Last Modified: 02 Oct 2016 20:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23881

Actions (login required)

View Item View Item