Peningkatan Keterampilan Membaca Memindai Menemukan Informasi dari Buku Telepon dengan Teknik Scanning Melalui Perintah Bersyarat Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Karangtengah Demak


Lulu’ Aulia, 2101405684 (2009) Peningkatan Keterampilan Membaca Memindai Menemukan Informasi dari Buku Telepon dengan Teknik Scanning Melalui Perintah Bersyarat Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Karangtengah Demak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Membaca Memindai Menemukan Informasi dari Buku Telepon dengan Teknik Scanning Melalui Perintah Bersyarat Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Karangtengah Demak]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Membaca Memindai Menemukan Informasi dari Buku Telepon dengan Teknik Scanning Melalui Perintah Bersyarat Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Karangtengah Demak) - Published Version
Download (15MB) | Preview

Abstract

Ketrampilan membaca memberikan andil yang besar dalam kehidupan pendidikan dan dalam kehidupan masyarakat. Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru bidang studi Bahasa dan Satra Indonesia, ketrampilan membaca memindai buku petunjuk telepon siswa VIII C SMP Negeri 2 Karangtengah Demak masih rendah. Rendahnya keterampilan siswa ini disebabkan oleh faktor internal yang berasal dari siswa dan faktor eksternal yang berasal dari guru, yaitu meliputi teknik, media, dan metode dalam mengajar. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan membaca memindai buku petunjuk telepon siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Karangtengah digunakan teknik scanning melalui perintah bersyarat dalam pembelajaran. Berdasarkan latar belakang, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, adalah 1) bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca memindai buku petunjuk telepon siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Karangtengah Demak setelah mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan teknik scanning melalui perintah bersyarat dan 2).bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas SMP Negeri 2 Karangtengah Demak setelah mendapatkan pembelajaran membaca dengan teknik scanning melalui perintah bersyarat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca memindai buku petunjuk telepon dan perubahan perilaku siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Karangtengah Demak setelah mendapatkan pembelajaran membaca memindai buku petunjuk telepon dengan teknik scanning melalui perintah bersyarat, penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perkembangan penelitian di Indonesia terutama pada bidang penelitian tindakan kelas. Selain itu, penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi guru, siswa, dan sekolah. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan membaca memindai buku petunjuk telepon teknik scanning melalui perintah bersyarat pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Karangtengah Demak sebanyak 35 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data berupa pedoman observasi, jurna, wawamcara, dan dokumentasi foto. Analisis data tes dilakukan secara kuantitatif, sedangkan analisis data nontes dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunujukkan adanya peningkatan keterampilan membaca memindai buku petunjuk telepon setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik scanning melalui perintah bersyarat. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil tes yang dilakukan pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Karangtengah Demak yang meliputi tes pratindakan, tes siklus I, dan siklus II. Pada pratindakan nilai rata-rata kelas diperoleh sebesar 46.3, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 65.3 atau meningkat sebesar 19.1% dari rata-rata pratindakan. Pada siklus II meningkat sebesar 25.07%. dari rata-rata siklus I 65.3 menjadi 81.8. jadi peningkatan keterampilan membaca memindai buku petunjuk telepon siswa dari pratindakan sampai siklus II sebesar 76,67%. Peningkatan ini membuktikan keberhailan pembelajaran membaca memindai buku petunjuk telepon dengan teknik scanning melalui perintah bersyarat. Peningkatan keterampilan membaca memindai buku telepon ini diikuti dengan perubahan perilaku siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Karangtengah Demak. Perilaku siswa mengalami perubahan menjadi lebih baik. Pada siklus II siswa terlihat lebih tertarik mengikuti pembelajaran membaca memindai buku telepon dengan teknik scanning melalui perintah bersyarat. Selain itu siswa terlihat lebih aktif dan bersemangat dalam pembelajaran. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah 1) guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya menggunakan teknik scanning malalui perintah bersyarat pada pembelajaran membaca memindai buku telepon karena dengan pembelajaran ini terbukti dapat mendorong siswa aktif berpikir dan berusaha menemukan sendiri informasi dalam buku telepon yang kemudian akan menjadi pengetahuan baru bagi siswa 2) siswa hendaknya dalam mengikuti pelajaran membaca memindai buku petunjuk telepon dengan semangat dan berperilaku positif; 3) peneliti di bidang pendidikan maupun bahasa dapat melakukan penelitian mengenai pembelajaran membaca memindai buku petunjuk telepon dengan teknik pembelajaran yang berbeda dan bervariasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan membaca memindai buku telepon, teknik scanning, perintah bersyarat
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 May 2011 02:05
Last Modified: 25 Apr 2015 04:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2388

Actions (login required)

View Item View Item