PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI SMA KOTA SEMARANG


Faizal Chandra Pratama , 7101411062 (2016) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI SMA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101411062_(1).pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kinerja adalah suatu hasil kerja baik secara kualitas maupun kuantitas yang dicapai oleh seseorang untuk mencapai tujuan tertentu. Kinerja yang baik tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kompetensi professional dan motivasi kerja yang mempengaruhi guru ekonomi SMA Kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kompetensi professional dan motivasi kerja terhadap kinerja guru yang mempengaruhi guru ekonomi SMA Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 305 guru yang terdiri dari seluruh guru Ekonomi SMA Kota Semarang dimana sampel berjumlah 34 guru. Variabel yang diteliti yaitu kompetensi professional dan motivasi kerja sebagai variabel bebas, dan kinerja guru sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi professional dan motivasi kerja terhadap kinerja guru ekonomi SMA kota Semarang baik secara simultan maupun parsial. Uji keberartian persamaan regresi dilihat dari uji Fhitung = 19,128 dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,05 sehingga diperoleh hasil analisis regresi linear berganda dengan persamaan Y = 35,498 + 0,255X1 + 0,299X2 . Besarnya pengaruh secara simultan antara kompetensi professional dan motivasi kerja terhadap kinerja guru yaitu 52,4%. Variabel yang memberikan pengaruh paling besar terhadap kinerja pegawai secara parsial adalah motivasi kerja yaitu sebesar 28,4%, sedangkan untuk kompetensi profesional berpengaruh lebih kecil yaitu sebesar 15,9%. Saran dari penelitian ini adalah bagi Ketua MGMP Ekonomi SMA kota Semarang dihimbau agar lebih meningkatkan kemampuan dan ketrampilannya, guru ekonomi diharapkan terus mingkatkan kompetensi profesionalnya dengan kebutuhan untuk menunjang kinerja, bagi guru ekonomi SMA Kota Semarang untuk mempertahankan motivasi kerja yang sudah baik dan perlu ditingkatkannya kebutuhan aktualisasi diri yang masih kurang untuk meningkatkan kinerja guru, untuk penelitian selanjutnya diharapkan penelitian yang lebih lengkap dan dalam lingkup yang lebih luas diharapkan dapat memberikan sumbangan yang besar bagi peningkatan kinerja guru khususnya, dan dunia pendidikan pada umumnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru, Kompetensi Profesional, Motivasi Kerja, Teacher Performance, Professional Competence, Work Motivation
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2016 17:57
Last Modified: 03 Oct 2016 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23876

Actions (login required)

View Item View Item