PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN CROSSWORD PUZZLE GAME DENGAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA PEMBELAJARAN SISTEM KOORDINASI MANUSIA DI SMA


Arista Novihana Pratiwi , 4401412108 (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN CROSSWORD PUZZLE GAME DENGAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA PEMBELAJARAN SISTEM KOORDINASI MANUSIA DI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN CROSSWORD PUZZLE GAME DENGAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA PEMBELAJARAN SISTEM KOORDINASI MANUSIA DI SMA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN CROSSWORD PUZZLE GAME DENGAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA PEMBELAJARAN SISTEM KOORDINASI MANUSIA DI SMA)
Download (12MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi instrumen penilaian tes evaluasi di sekolah adalah penilaian tradisional dalam bentuk pilihan ganda. Tes evaluasi diambil dari soal-soal LKS dan buku paket, soal digolongkan berdasarkan Taksonomi Bloom terdiri dari 30% menghafal (C1), 40% memahami (C2), dan 25% mengaplikasi (C3), sedangkan soal yang mengukur kemampuan menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mengkreasi (C6) hanya 5%. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui kelayakan instrumen penilaian Crossword Puzzle Game dengan Higher Order Thinking Skills pada pembelajaran sistem koordinasi manusia di SMA. Kelayakan instrumen di lihat dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Metode penelitian ini Research and Development (R&D). Research and Development adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu adapun langkah-langkah penggunaan metode R&D berdasarkan (Sugiyono, 2008). Penelitian dilakukan di SMA N 14 Semarang dan SMA N 1 Kudus digunakan untuk uji coba skala kecil, dan SMA N 7 Semarang digunakan untuk uji coba skala besar. Subyek penelitian ini meliputi peserta didik kelas XI dan guru Biologi SMA di tiga sekolah tersebut. Pengembangan instrumen penilaian CPG dengan HOTS layak digunakan dengan validitas 92%, reliabilitas 98%, tingkat kesukaran 42,5%, dan daya pembeda 81,6%. Hasil angket tanggapan peserta didik dan guru menunjukkan bahwa instrumen penilaian CPG mendapat tanggapan positif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian CPG dengan HOTS 79% layak digunakan sebagai alat evaluasi pada pembelajaran sistem koordinasi manusia di SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Crossword puzzle game, higher order thinking, instrumen penilaian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2016 13:03
Last Modified: 26 Sep 2016 13:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23875

Actions (login required)

View Item View Item