PENERAPAN BIOMAGZ SEBAGAI SUPLEMEN DALAM PEMBELAJARAN SISTEM REPRODUKSI DI SMA


Ana Fatonah , 4401412096 (2016) PENERAPAN BIOMAGZ SEBAGAI SUPLEMEN DALAM PEMBELAJARAN SISTEM REPRODUKSI DI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN BIOMAGZ SEBAGAI SUPLEMEN DALAM PEMBELAJARAN SISTEM REPRODUKSI DI SMA]
Preview
PDF (PENERAPAN BIOMAGZ SEBAGAI SUPLEMEN DALAM PEMBELAJARAN SISTEM REPRODUKSI DI SMA)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Majalah Biologi dapat mendukung pemahaman siswa tentang materi Biologi dan memberikan nuansa belajar yang menarik bagi siswa. Pembelajaran Biologi menuntut agar Guru mampu menghubungkan antara materi dengan kehidupan nyata siswa. Peneliti bermaksud menerapkan Biomagz sebagai suplemen dalam pembelajaran sistem reproduksi di SMA untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan sikap peduli siswa pada kesehatan reproduksi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis penerapan Biomagz sebagai suplemen dalam pembelajaran sistem reproduksi di SMA terhadap hasil belajar dan sikap peduli siswa pada kesehatan reproduksi dan menganalisis hubungan antara hasil belajar pada materi sistem reproduksi dengan sikap peduli siswa pada kesehatan reproduksi. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan desain penelitian yang digunakan adalah One-Shot Case Study. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Semarang. Sampel penelitian kelas XI MIA 1 yang dipilih secara simple random sampling dengan menggunakan cara undian. Data penelitian berupa hasil belajar yang diperoleh melalui tes tertulis dan skor sikap yang diperoleh melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata hasil belajar sistem reproduksi menggunakan Biomagz lebih tinggi dari KKM. Perbedaan rerata hasil belajar dengan KKM dianalisis dengan menggunakan uji-t satu sampel. Hasil analisis menggunakan uji-t satu sampel diperoleh besar thitung=8,851 dan ttabel=1,68830. Besar thitung > ttabel sehingga terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar dengan KKM. Sikap siswa dianalisis dengan membandingkan skor standar individual dengan rata-rata (mean) skor kelompok, dan didapatkan hasil bahwa siswa yang mempunyai sikap positif lebih banyak dibandingkan dengan siswa yang mempunyai sikap negatif. Hasil analisis korelasi hasil belajar siswa dan skor sikap menunjukkan bahwa nilai r sebesar 0,055 yang berarti bahwa hubungan antara pengetahuan dan sikap peduli siswa pada kesehatan reproduksi sangat rendah atau tidak saling berhubungan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa, (1) rerata hasil belajar siswa materi sistem reproduksi menggunakan Biomagz lebih tinggi dari KKM dan penerapan Biomagz sebagai suplemen dalam pembelajaran sistem reproduksi di SMA dapat meningkatkan sikap peduli siswa pada kesehatan reproduksi, (2) tidak ada hubungan antara hasil belajar dan sikap peduli siswa pada kesehatan reproduksi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Biomagz, kesehatan reproduksi, sikap peduli, suplemen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2016 12:47
Last Modified: 26 Sep 2016 12:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23874

Actions (login required)

View Item View Item