EFEKTIVITAS TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN QUICK AND SMART TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH


Widya Kusuma Amanningrum , 4401412012 (2016) EFEKTIVITAS TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN QUICK AND SMART TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN QUICK AND SMART TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN QUICK AND SMART TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka mewujudkan cita-cita pendidikan diperlukan pembelajaran yang tepat. Kenyataan di lapangan pembelajaran belum berpusat pada siswa sehingga hasil belajar siswa rendah. Hal ini dibuktikan dari hasil wawancara guru diperoleh bahwa hasil belajar siswa rendah dikarenakan siswa kurang antusias dan berperan aktif dalam proses pembelajaran. Paradigma Sistem Pertahanan Tubuh yang dianggap siswa sebagai materi sulit harus digeser menjadi materi menyenangkan. Hal tersebut dapat diciptakan melalui model pembelajaran menyenangkan, melibatkan ilmu, melatih kerjasama, memberi tantangan, dan kompetisi serta melibatkan siswa secara aktif. Kondisi tersebut dapat diupayakan melalui Team Games Tournament (TGT) dengan Quick and Smart. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 2 Salatiga dengan sampel kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang diambil secara Cluster Random Sampling. Desain penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Analisis efektivitas menggunakan uji t menunjukkan aktivitas kelas eksperimen lebih aktif daripada kelas kontrol, ≥80% aktivitas siswa kelas eksperimen tinggi, rata-rata posttest kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol,skor n-gain kelas eksperimen tinggi, tercapai ketuntasan klasikal yaitu ≥80% siswa kelas eksperimen memperoleh rerata nilai postest ≥75, dan lebih dari 80% siswa kelas eksperimen memiliki sikap ≥ baik. Hasil ini diperkuat dengan tanggapan siswa dan guru sangat baik terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Tahapan TGT sistematis dan terarah sehingga membuat siswa termotivasi untuk belajar dan memudahkan mereka mengingat kembali pelajaran sebelumnya. Adanya minat belajar yang tinggi dan aktivitas yang bertumpu pada siswa mampu meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa TGT berbantuan Quick and Smart efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa materi Sistem Pertahanan Tubuh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, hasil belajar, Quick and Smart, sistem pertahanan tubuh, TGT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology > QR180 Immunology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2016 12:44
Last Modified: 26 Sep 2016 12:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23873

Actions (login required)

View Item View Item