Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi dengan Teknik Rekonstruksi dan Media Majalah Dinding Pada Siswa Kelas X.8 SMA Kesatrian I Semarang.


Noviana Dwi Yasinta, 2101407096 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi dengan Teknik Rekonstruksi dan Media Majalah Dinding Pada Siswa Kelas X.8 SMA Kesatrian I Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi dengan Teknik Rekonstruksi dan Media Majalah Dinding Pada Siswa Kelas X.8 SMA Kesatrian I Semarang.]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi dengan Teknik Rekonstruksi dan Media Majalah Dinding Pada Siswa Kelas X.8 SMA Kesatrian I Semarang.) - Submitted Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis karangan argumentasi siswa SMA Kesatrian I Semarang masih kurang maksimal. Hal ini disebabkan oleh teknik pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan teknik pembelajaran tradisional. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru lebih fokus pada guru sebagai sumber utama pembelajaran, sehingga guru menggunakan metode ceramah dan tidak ada media yang digunakan dalam pembelajaran menulis. Faktor lain adalah minat siswa dalam mengikuti pembelajaran masih rendah. Mereka beranggapan bahwa pembelajaran menulis karangan argumentasi itu merupakan pembelajaran yang sulit dan membosankan. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana peningkatan keterampilan menulis karangan argumentasi dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas X.8 SMA Kesatrian I Semarang setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menulis karangan argumentasi dengan menggunakan teknik rekonstruksi dan media majalah dinding pada saat pembelajaran. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) mendiskripsi peningkatan keterampilan menulis karangan argumentasi dan (2) mendiskripsi perubahan perilaku siswa kelas X.8 SMA Kesatrian I Semarang setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menulis karangan argumentasi dengan teknik rekonstruksi dan media majalah dinding. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas X.8 SMA Kesatrian I Semarang. Kelas X.8 terdiri atas 30 siswa. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu (1) variabel keterampilan menulis karangan argumentasi dan (2) variabel pembelajaran dengan teknik rekonstruksi dan media majalah dinding. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Teknik tes diberikan melalui soal uraian dan teknik nontes diambil melalui deskripsi perilaku dari hasil observasi, jurnal guru, jurnal siswa, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kondisi awal keterampilan menulis karangan argumentasi siswa nilai rata-rata yang dicapai hanya sebesar 54,1 dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan menggunakan teknik rekonstruksi dan media majalah dinding pada siklus I, nilai rata-rata yang dicapai sebesar 68,6 dengan kategori cukup. Tindakan dan nilai rata-rata pada siklus I belum mencapai tujuan yang akan dicapai. Nilai rata-rata yang harus dicapai adalah 80. Oleh karena itu, peneliti melakukan tindakan siklus II. Pada siklus II nilai rata-rata yang dicapai sebesar 80,1 dalam kategori baik. Hal ini berarti mengalami peningkatan sebesar 11,5 atau 16,76% dari siklus I ke siklus II dan 14,5 atau 26,80% dari prasiklus ke siklus I. Selain itu, perilaku-perilaku negatif siswa selama mengikuti pembelajaran pada tahap prasiklus dan siklus I mengalami perubahan ke arah positif pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan teknik rekonstruksi dan media majalah dinding dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan argumentasi siswa dan dapat mengubah perilaku siswa ke arah positif. Mengacu pada hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan pada guru bahasa Indonesia hendaknya menggunakan teknik rekonstruksi dan media majalah dinding dalam mengoptimalkan pembelajaran menulis karangan argumentasi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, karangan argumentasi, teknik rekonstruksi, dan majalah dinding
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 13 May 2011 05:34
Last Modified: 25 Apr 2015 04:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2387

Actions (login required)

View Item View Item