PENGEMBANGAN BUKU PINTAR ELEKTRONIK (BPE) PADA TEMA TEMPAT TINGGALKU UNTUK KELAS 4 SDN SRONDOL WETAN 04 SEMARANG


M.Faizin , 1102411074 (2016) PENGEMBANGAN BUKU PINTAR ELEKTRONIK (BPE) PADA TEMA TEMPAT TINGGALKU UNTUK KELAS 4 SDN SRONDOL WETAN 04 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102411074.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan di kelas 4 SD Negeri Srondol Wetan 04 Semarang menunjukkan adanya kendala pada tema Tempat Tinggalku dalam pembelajaran dengan kurikulum 2013, di antaranya: sulitnya guru untuk menerangkan materi karena kurang adanya visualisasi sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menerima materi pembelajaran yang berdampak pada ketuntasan hasil belajar siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif yakni Buku Pintar Elektronik (BPE) yang dapat mendukung visualisasi dan interaktivitas dalam pembelajaran dan dapat berjalan di berbagai perangkat baik komputer maupun perangkat bergerak (mobile). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk multimedia pembelajaran interaktif berupa Buku Pintar Elektronik (BPE), mengimplementasikan Buku Pintar Elektronik (BPE), dan menguji keefektifan pembelajaran dengan Buku Pintar Elektronik (BPE) pada tema Tempat Tinggalku di kelas 4 SD Negeri Srondol Wetan 04 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Adapun populasi penelitan adalah seluruh siswa kelas 4 SD Negeri Srondol Wetan 04 Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan sampel jenuh karena semua anggota populasi adalah sampel yakni kelas 4A sebagai kelas eksperimen dan kelas 4B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, tes, dan angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengembangan Buku Pintar Elektronik (BPE) pada tema Tempat Tinggalku layak digunakan untuk pembelajaran, (2) implementasi Buku Pintar Elektronik (BPE) dapat berjalan dengan baik sesuai dengan orientasi, organisasi, investigasi, serta analisis dan evaluasi yang didukung dengan bukti pengamatan observasi yang menunjukkan siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran dengan Buku Pintar Elektronik (BPE), (3) pembelajaran dengan Buku Pintar Elektronik (BPE) terbukti efektif dilihat dari segi (a) hasil belajar siswa yang menggunakan Buku Pintar Elektronik (BPE) > 72 sebagai nilai KKM dan ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, (b) proses berupa peningkatan minat belajar siswa yang terlihat dari semangat dan antusias yang lebih tinggi. Dari hasil penelitian ini, disarankan perlunya pengembangan Buku Pintar Elektronik (BPE) sebagai media pendukung dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Pintar Elektronik (BPE), Kurikulum 2013, Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI), Research and Development (R&D), Tema Tempat Tinggalku
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2016 20:04
Last Modified: 02 Oct 2016 20:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23869

Actions (login required)

View Item View Item