MODEL QUANTUM LEARNING FISIKA MATERI TEORI KINETIK GAS BERMUATAN KONSERVASI UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SISWA SMA KELAS XI


Novita Triwidianingsih , 4201412088 (2016) MODEL QUANTUM LEARNING FISIKA MATERI TEORI KINETIK GAS BERMUATAN KONSERVASI UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SISWA SMA KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL QUANTUM LEARNING FISIKA MATERI TEORI KINETIK GAS BERMUATAN KONSERVASI UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SISWA SMA KELAS XI]
Preview
PDF (MODEL QUANTUM LEARNING FISIKA MATERI TEORI KINETIK GAS BERMUATAN KONSERVASI UNTUK MEMBANGUN KARAKTER SISWA SMA KELAS XI)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Siswa perlu mengalami secara langsung dalam belajar fisika. Namun, selama ini siswa masih menganggap fisika sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan. Pandangan ini dapat diubah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat membuat siswa merasa nyaman dalam belajar fisika, salah satunya adalah model quantum learning. Quantum learning merupakan model pembelajaran yang membiasakan belajar menyenangkan melalui berbagai sugesti positif dan interaksinya yang dipadukan dengan lingkungan. Universitas Negeri Semarang (UNNES) telah mendeklarasikan diri sebagai universitas konservasi sejak 12 Maret 2010, sehingga calon tenaga pendidik yang diluluskan oleh UNNES juga bertanggung jawab dalam membawa misi konservasi ke dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang disisipi nilai konservasi diharapkan dapat membentuk karakter siswa ke arah yang lebih baik. Pendidikan karakter di era global saat ini menjadi sangat penting karena kualitas karakter bangsa menentukan kemajuan bangsa tersebut. Salah satu materi fisika kelas XI SMA adalah teori kinetik gas. Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 7 Semarang, rata-rata nilai fisika pada materi tersebut masih tergolong rendah. Penerapan model quantum learning diharapkan dapat membuat siswa merasa nyaman dalam belajar fisika sehingga hasil belajar pada materi teori kinetik gas dapat meningkat. Pengintegrasian nilai-nilai konservasi ke dalam proses pembelajaran juga diharapkan dapat mengembangkan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan karakter dan peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model quantum learning bermuatan konservasi. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest Posttest. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 7 Semarang pada tanggal 24 Maret sampai dengan 28 April 2016. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Penelitian ini mengambil satu kelas sebagai sampel yaitu kelas XI MIA 6. Karakter siswa diukur melalui angket dan observasi, sedangkan hasil belajar diukur melalui tes objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model quantum learning bermuatan konservasi dapat membangun karakter khususnya rasa ingin tahu, jujur, disiplin, dan komunikatif. Hasil analisis uji gain perkembangan karakter yang diukur melalui angket dan observasi berada pada kategori sedang. Selain itu, hasil belajar siswa pada materi teori kinetik gas juga mengalami peningkatan dengan gain pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: karakter, konservasi, quantum learning, teori kinetik gas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2016 11:13
Last Modified: 26 Sep 2016 11:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23861

Actions (login required)

View Item View Item