KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN REALISTIK BERBANTUAN EDMODO
Bagus Jati Kusuma , 4101411112 (2016) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN REALISTIK BERBANTUAN EDMODO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN REALISTIK BERBANTUAN EDMODO)
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Salah satu permasalahan pada pembelajaran materi Operasi Aljabar dan Persamaan Garis Lurus para peserta didik masih merasa kesulitan apabila dihadapkan dengan soal-soal yang berkaitan dengan permasalahan sehari-hari. Peserta didik kebingungan dalam menentukan variabel pada soal dan bagaimana cara menuliskan persamaan dari informasi yang diberikan soal. Hal tersebut disebabkan kurang tepatnya pembelajaran yang digunakan dalam membantu peserta didik untuk mengaitkan materi ajar dengan permasalahan di dunia nyata. Selain itu, media pembelajaran yang praktis juga dapat memudahkan proses belajar peserta didik. Pada penelitian ini diterapkan model PBL dengan pendekatan saintifik realistik berbantuan edmodo. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui penerapan model PBL dengan pendekatan saintifik realistik berbantuan edmodo dalam meningkatkan rata-rata kemampuan literasi matematika peserta didik. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata kemampuan literasi matematika peserta didik kelas VIII SMP N 21 Semarang menggunakan model PBL berbantuan saintifik realistik berbantuan edmodo lebih dari rata-rata kemampuan literasi matematika peserta didik peserta didik kelas VIII SMP N 21 Semarang menggunakan model PBL dengan pendekatan saintifik realistik maupun pendekatan saintifik saja. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 21 Semarang tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 9 kelas yang terdiri atas 270 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Terpilih tiga kelompok sampel, yaitu peserta didik kelas VIII H, sebagai kelompok eksperimen 1, peserta didik kelas VIII I sebagai kelompok eksperimen 2, dan peserta didik kelas VIII G sebagai kelompok kontrol. analisis data yang digunakan adalah uji gain, uji t beda rata-rata berpasangan, uji one way ANOVA, uji LSD. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model pembelajaran PBL dengan pendekatan saintifik realistik berbantuan edmodo dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika peserta didik. Diperoleh juga kemampuan literasi matematika peserta didik kelas VIII SMP N 21 Semarang menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan saintifik realistik berbantuan edmodo lebih dari kemampuan literasi matematika peserta didik kelas VIII SMP N 21 Semarang menggunakan pendekatan saintifik, tetapi tidak lebih dari kemampuan literasi matematika peserta didik kelas VIII SMP N 21 Semarang menggunakan model pembelajaran PBL dengan pendekatan saintifik realistik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi matematika, pembelajaran realistik, edmodo |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 23 Sep 2016 17:28 |
Last Modified: | 23 Sep 2016 17:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23857 |
Actions (login required)
View Item |