PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS SAINS, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER SISWA


Maretha Fitria, 4001412019 (2016) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS SAINS, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS SAINS, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER SISWA]
Preview
PDF (PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS SAINS, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (SETS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER SISWA)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA hakikatnya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Hasil observasi di SMP Negeri 24 Semarang pada bulan Januari 2016 menunjukkan bahwa pembelajaran IPA masih berpusat pada guru (teacher centered) dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengubah pendekatan pembelajaran salah satunya pembelajaran berpendekatan CTL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan CTL berbasis SETS terhadap pemahaman konsep dan karakter siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment yakni nonequivalent control group design. Sampel dipilih secara purposive sampling dan didapatkan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini adalah data nilai posttest dan data observasi karakter siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 79,67 dan kelas kontrol 74,38. Hasil analisis korelasi biserial 0,417 termasuk ke dalam kategori sedang dan besar pengaruh berdasarkan koefisien determinasi sebesar 17%. Berdasarkan observasi, hasil analisis korelasi spearman adalah 0,51 untuk karakter jujur, 0,49 untuk toleransi, 0,55 disiplin, 0,58 rasa ingin tahu, dan 0,73 untuk karakter peduli lingkungan. Hasil kofisien determinasi adalah sebesar 26% untuk karakter jujur, toleransi 24%, disiplin 30%, rasa ingin tahu 34%, dan peduli lingkungan 53%

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CTL, SETS, pemahaman konsep, karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2016 17:21
Last Modified: 23 Sep 2016 17:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23855

Actions (login required)

View Item View Item