EFEKTIVITAS MIND MAPPING BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS X DI MAN 2 KEBUMEN TAHUN 2015


Ariffianti Hamidah , 3201411050 (2015) EFEKTIVITAS MIND MAPPING BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS X DI MAN 2 KEBUMEN TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201411050b.pdf]
Preview
PDF
Download (584kB) | Preview

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran yang sesuai sangat diperlukan dalam kegiatan belajar mengajar geografi, banyak sekali metode pembelajaran yang dapat dipergunakan dalam proses belajar mengajar, namun masih banyak ditemui di lapangan guru hanya menggunakan metode ceramah yang menempatkan guru sebagai pusat informasi. Kurangnya variasi metode pembelajaran ini mengakibatkan siswa kurang aktif sehingga minat, semangat, dan keaktifan belajar siswa kurang yang berakibat pada hasil belajar mereka yang relatif rendah atau kurang maksimal. Kondisi ini juga ditemukan di MAN 2 Kebumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) untuk mengetahui perbandingan hasil belajar antara metode mind mapping berbasis CTL dengan metode ceramah (2) untuk mengetahui apakah pembelajaran mind mapping berbasis CTL mampu membantu siswa dalam mencapai ketuntasan hasil belajar geografi sub materi siklus hidrologi, peraiaran darat dan pemanfaatannya (3) untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap metode mind mapping berbasis CTL. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS MAN 2 Kebumen yang berjumlah 176 yang terbagi dalam 5 kelas. Penentuan sampel dengan teknik purposive sampling. Kelas X IIS 3 dan X IIS 2 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam penelitian ini. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah penggunaan metode mind mapping berbasis CTL, sedangkan variabel bebasnya adalah hasil belajar kognitif siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji perbedaan dua rata-rata (uji t) Hasil penelitian ini menunjukan hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Ini ditunjukan oleh uji-t dengan hasil

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: handoyo eko perpus
Date Deposited: 23 Sep 2016 17:13
Last Modified: 23 Sep 2016 17:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23853

Actions (login required)

View Item View Item