MODEL LEMBAR KERJA SISWA INTEGRATIF PEMBELAJARAN TEKS NARASI BAHASA JAWA KELAS VII KOTA MAGELANG

Evita Putri, 2601412047 (2016) MODEL LEMBAR KERJA SISWA INTEGRATIF PEMBELAJARAN TEKS NARASI BAHASA JAWA KELAS VII KOTA MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (MODEL LEMBAR KERJA SISWA INTEGRATIF PEMBELAJARAN TEKS NARASI BAHASA JAWA KELAS VII KOTA MAGELANG)
Download (7Mb)

    Abstract

    LKS yang digunakan dalam pembelajaran teks narasi hanya membaca pemahaman saja, sehingga keterampilan berbahasa lainnya tidak diajarkan. Petunjuk LKS dalam materi teks narasi hanya menuntun siswa untuk membaca teori tentang teks narasi, seharusnya teori langsung diterapkan di dalam pembelajaran. Kegiatan menulis, berbicara, dan mendengarkan melalui pembelajaran teks narasi tidak di ajarkan. Berdasarkan uraian di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apa sajakah kebutuhan guru dan siswa terhadap model Lembar Kerja Siswa materi teks narasi pembelajaran bahasa Jawa kelas VII Kota Magelang, (2) seperti apakah prototipe model Lembar Kerja Siswa materi teks narasi pembelajaran bahasa Jawa kelas VII Kota Magelang, (3) bagaimanakah hasil uji ahli terhadap model Lembar Kerja Siswa materi teks narasi pembelajaran bahasa Jawa kelas VII Kota Magelang, dan (4) bagaimanakah hasil uji terbatas model Lembar Kerja Siswa materi teks narasi pembelajaran bahasa Jawa kelas VII Kota Magelang. Penelitian ini dirancang menggunkan metode penelitian Research and Development (R&D). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa untuk memperoleh data kebutuhan siswa dan uji coba, guru untuk memperoleh data kebutuhan guru dan sebagai pengguna, serta ahli untuk mendapatkan data uji ahli materi dan ahli buku. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, wawancara, observasi, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan adalah pedoman dokumentasi, pedoman wawancara, lembar observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Guru dan siswa membutuhkan LKS integratif materi teks narasi berbahasa Jawa dengan topik budaya Grebeg Gethuk. LKS yang dihasilkan mengintegrasikan antarkemampuan berbahasa, bersastra. dan berbudaya. Hasil uji ahli dan pengguna sebanyak 85%, 90%, dan 97% menunjukkan bahwa LKS sangat layak untuk dilakukan uji coba. Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa LKS integratif materi teks narasi efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Terbukti ada peningkatan hasil pretest dan posttest, yakni dari 79, 8 menjadi 88, 5. Selain itu, siswa terlihat lebih aktif dan terjalin komunikasi yang interaktif antara guru dan siswa saat dilakukan observasi di dalam kelas. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat disampaikan adalah (1) hendaknya guru menggunakan model LKS integratif materi teks narasi sebagai salah satu alternatif penunjang pembelajaran teks narasi, agar pembelajaran yang dilakukan lebih efektif dan (2) perlu adanya penelitian lebih lanjut mengenai model LKS integratif yang bervariasi jenis teks dalam pembelajaran bahasa Jawa, sehingga guru dan siswa dapat lebih mudah mempelajari materi. Pada akhirnya pembelajaran akan lebih menarik dan efektif.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa, integratif, teks narasi.
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 23 Sep 2016 12:55
    Last Modified: 23 Sep 2016 12:55

    Actions (login required)

    View Item