PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN VOKAL PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PURWOKERTO


Surya Manggala Hutama, 2501412069 (2016) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN VOKAL PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PURWOKERTO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN VOKAL PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PURWOKERTO]
Preview
PDF (PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN VOKAL PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PURWOKERTO)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu kompetensi dasar untuk siswa SMP di bidang seni musik adalah memahami teknik vokal. Dalam pembelajaran bernyanyi, terdapat masalah pembelajaran salah satunya yaitu masukan yang berhubungan dengan pemilihan pendekatan atau metode pembelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran. Guru seni musik di SMP Negeri 2 Purwokerto menggunakan pendekatan saintifik pada pembelajaran vokal. Permasalahan yang akan diteliti adalah bagaimanakah penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran vokal di SMP Negeri 2 Purwokerto? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran vokal di SMP negeri 2 Purwokerto. Manfaat dari penelitian ini secara teoritis adalah dapat meningkatkan kemampuan dalam menguasai materi vokal di sekolah serta meningkatkan prestasi dalam bidang vokal dan secara praktis dapat meningkatkan pengetahuan tentang pendekatan saintifik bagi siswa, guru, sekolah, dan peneliti. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian dialaksanakan di SMP Negeri 2 Purwokerto yang beralamat di Jalan Gereja No. 20 Sokanegara, Purwokerto Timur, Banyumas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran musik pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Purwokerto menunjukan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran terdiri dari pendahuluan yang terdiri dari mengkondisikan suasana kelas, apersepsi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Kegiatan inti terdiri dari tahapan saintifik yaitu tahapan mengamati, menanya, mengasosiasi, mencoba dan mengkomunikasikan. Kegiatan penutup meliputi membuat rangkuman atau simpulan pelajaran, melakukan penilaian atau refleksi, memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran, merencanakan kegiatan tindak lanjut dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya. Kemudian evaluasi atau penilaian meliputi 3 aspek evaluasi yang dilakukan oleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Guru hendaknya memberikan video pembelajaran dan penyampaian teknik vokal yang lebih variatif agar semakin timbul rasa ingin tahu siswa dan meningkatnya kemampuan bernyanyi siswa. Peserta didik juga diharapkan bisa lebih aktif dalam pembelajaran seni musik menggunakan pendekatan saintifik melalui diskusi kelompok agar proses pembelajaran menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penerapan, pendekatan saintifik, pembelajaran musik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2016 13:46
Last Modified: 23 Sep 2016 13:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23846

Actions (login required)

View Item View Item