EFEKTIVITAS MODEL REFLECTIVE TEACHING BAGI PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs AL IRSYAD GAJAH DEMAK


Shilvia Rosiyana, 2303412023 (2016) EFEKTIVITAS MODEL REFLECTIVE TEACHING BAGI PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs AL IRSYAD GAJAH DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MODEL REFLECTIVE TEACHING BAGI PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs AL IRSYAD GAJAH DEMAK]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MODEL REFLECTIVE TEACHING BAGI PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs AL IRSYAD GAJAH DEMAK)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Keterampilan berbicara dan membaca adalah keterampilan berbahasa Arab yang bersifat reseptif dan produktif. Penguasaan keterampilan berbicara dan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah masih rendah. Hal ini terjadi karena kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab. Sehingga, guru harus menerapkan model pembelajaran reflective teaching sebagai bentuk inovasi baru dalam menarik minat siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan model Reflective Teaching bagi peningkatan keterampilan berbicara dan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak?, dan 2) Apakah model Reflective Teaching efektif bagi peningkatan keterampilan berbicara dan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Reflective Teaching dan untuk mengetahui efektivitas model Reflective Teaching bagi peningkatan keterampilan berbicara dan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak. Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dan eksperimen (true experiment design) dengan desain non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan berupa tes berbicara dan tes uraian. Sedangkan instrumen nontes yang digunakan adalah angket tertutup. Berdasarkan data penelitian yang didapatkan, 21.21% siswa beranggapan bahwa penerapan model pembelajaran Reflective Teaching sangat cocok dan bisa membantu dalam pembelajaran bahasa Arab. Sedangkan 78.79% siswa beranggapan bahwa model pembelajaran Reflective Teaching perlu diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab. Dari hasil nilai rata-rata keterampilan berbicara pada kelas kontrol terjadi peningkatan sebesar 3.12 dan pada kelas eksperimen terjadi peningkatan sebesar 4.15. Sedangkan keterampilan membaca pada kelas kontrol terjadi penurunan sebesar 4.57 dan pada kelas eksperimen terjadi peningkatan sebesar 1.21. Diperoleh thitung 1.25 dan ttabel 0.68, karena thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dari hipotesis yang yang diterima dalam penelitian ini adalah Ha karena thitung > ttabel yaitu “Model Reflective Teaching efektif bagi peningkatan keterampilan berbicara dan membaca bahasa Arab”.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Reflective Teaching, Keterampilan Berbicara, Keterampilan Membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PJ Semitic
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2016 13:37
Last Modified: 23 Sep 2016 13:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23844

Actions (login required)

View Item View Item