PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS X-2 SMA TARUNA NUSANTARA MAGELANG


Gunawan, 2101412086 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS X-2 SMA TARUNA NUSANTARA MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS X-2 SMA TARUNA NUSANTARA MAGELANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS X-2 SMA TARUNA NUSANTARA MAGELANG)
Download (10MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang tidak lagi dipahami hanya sekadar proses pengungkapan gagasan atau cara berkomunikasi dalam bentuk tulisan, keterampilan menulis telah menjadi gaya dalam mengaktualisasikan diri, mengekspresikan diri, dan sarana untuk berkreasi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas X SMA Taruna Nusantara, peneliti menemukan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis teks prosedur kompleks, khususnya siswa kelas X-2 SMA Taruna Nusantara. Terbukti dari 32 siswa, hanya 21 siswa yang mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan skor 75. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah penelitian ini yaitu, 1) bagaimana proses pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur kompleks menggunakan model pembelajaran project based learning dengan media video pada siswa kelas X-2 SMA Taruna Nusantara, 2) bagaimana perubahan sikap spirititual siswa kelas X-2 pada saat mengikuti pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur kompleks menggunakan model pembelajaran project based learning dengan media video, 3) bagaimana perubahan sikap sosial siswa kelas X-2 pada saat mengikuti pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur kompleks menggunakan model pembelajaran project based learning dengan media video, 4) bagaimana peningkatan pengetahuan menulis teks prosedur kompleks menggunakan model pembelajaran project based learning dengan media video pada siswa kelas X-2 SMA Taruna Nusantara, 5) bagaimana peningkatan keterampilan menulis teks prosedur kompleks menggunakan model pembelajaran project based learning dengan media video pada siswa kelas X-2 SMA Taruna Nusantara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model project based learnig dan media video sebagai upaya peningkatan keterampilan menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas X-2 SMA Taruna Nusantara Magelang. Variabel penelitian ini yaitu variabel keterampilan menulis teks prosedur kompleks dan variabel pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur kompleks menggunakan model project based learning dengan media video. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes pengetahuan dan keterampilan, sedangkan instrumen nontes berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu peningkatan persentase pada semua aspek. Terjadi peningkatan hasil pengamatan proses pembelajaran pada siklus I ke siklus II sebesar 10%. Sikap religius mengalami peningkatan, pada siklus I hasil pengamatan sikap religius siswa sebesar 93%, sedangkan pada siklus II mencapai 98%, terjadi peningkatan sikap religius siswa sebesar 5% dari siklus I ke siklus II. Sikap sosial siswa mengalami peningkatan sebesar 2% dari siklus I ke siklus II. Pengetahuan siswa dalam menulis teks prosedur kompleks mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata tes pengetahuan sebesar 83 dengan persentase ketuntasan 81%. Pada siklus II, nilai rata-rata tes pengetahuan meningkat menjadi 92 dengan persentase ketuntasan 100%. Terjadi peningkatan persentase ketuntasan hasil tes pengetahuan menulis teks prosedur kompleks sebesar 19% dari siklus I ke siklus II. Keterampilan siswa dalam menulis teks prosedur kompleks mengalami peningkatan. Pada siklus I, nilai rata-rata hasil tes keterampilan sebesar 77 dengan persentase ketuntasan 72%. Pada siklus II, nilai rata-rata hasil tes keterampilan meningkat menjadi 86 dengan persentase ketuntasan 100%. Berdasarkan data tersebut, terjadi peningkatan persentase ketuntasan hasil tes keterampilan menulis teks prosedur kompleks sebesar 28% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur kompleks menggunakan model project based learning dengan media video dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran menulis, sebab model project based learning dan media video dapat memudahkan serta memotivasi siswa dalam pembelajaran menulis teks prosedur kompleks. Penerapan model project based learning dan media video dapat digunakan sebagai masukan peneliti lain dalam melakukan penelitian yang serupa. Penelitian ini juga dapat digunakan sebagai bahan perbandingan pembelajaran atau penelitian lain, sehingga dapat diketahui hasil yang efektif dalam penggunaan model dan media dalam pembelajaran menulis teks prosedur kompleks.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis teks prosedur kompleks, model project based learning, media video, sikap religius, sikap sosial
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2016 13:22
Last Modified: 23 Sep 2016 13:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23842

Actions (login required)

View Item View Item