KELAYAKAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Aji Setiyo Nugroho , 3201408007 (2015) KELAYAKAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF
Download (909Kb)

    Abstract

    Pendidikan bersifat dinamis yang secara terus-menerus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Mutu pendidikan selalu menarik perhatian masyarakat Indonesia karena masa depan bangsa tergantung pada pendidikan terutama di era globalisasi sekarang ini. Selama ini pembelajaran Geografi di SMA Negeri Banyumas masih berorientasi pada guru, dimana masih menggunakan media cetak seperti LKS dan buku panduan, serta metode ceramah. Ternyata pesan yang disampaikan sulit diterima siswa, dikarenakan materi Tenaga Eksogen harus meskipun sederhana tetapi membutuhkan informasi yang detail, sehingga membutuhkan visualisasi media yang lebih baik. Adanya permasalahan tersebut dapat berakibat hasil belajar kognitif siswa tidak mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengembangkan dan menggunakan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Multimedia Interaktif materi Tenaga Eksogen. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah media pembelajaran ini layak digunakan pada siswa kelas X semester 2 SMA Negeri Banyumas tahun pelajaran 2013/2014?, 2) Bagaimana efektivitas media pembelajaran ini dan minat siswa terhadap pembelajaran ketika menggunakan media pembelajaran ini?. Tujuan Penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran ini pada siswa kelas X semester 2 SMA Negeri Banyumas tahun pelajaran 2013/2014, 2) Untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran ini dan minat belajar siswa terhadap pembelajaran ketika menggunakan media pembelajaran ini. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri Banyumas tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 296 siswa terdiri dari 9 kelas. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling karena populasi yang homogen tanpa adanya perbedaan antara kelas unggulan dan kelas biasa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 2 dan X IIS 4 yang masing-masing kelas terdiri dari 25 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design, bentuk yang dipilih Pre-test and Post-test One Group Design. Teknik pengumpulan data dengan teknik dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Rekapitulasi penilaian kelayakan media pembelajaran sebesar 90,40% dengan kriteria “Sangat Layak”, 2) Hasil analisis data angket respon menunjukkan jika media pembelajaran ini efektif dengan jumlah total skor sub variabel “Efektivitas Media Pembelajaran Geografi Berbasis Multimedia Interaktif” sebanyak 1.544 dari total skor maksimal 1.875 atau dengan persentase sebesar 82,35% dengan kriteria “Setuju”. Peningkatan hasil belajar siswa menunjukkan jika media pembelajaran ini efektif. Nilai hasil belajar kelas X IIS 2 dan X IIS 4 untuk nilai rata-rata pre-test sebesar 72 dan 76 dan rata-rata nilai post-test 89 dan 88,93. Hasil perhitungan dengan uji gain <g> untuk melihat peningkatan nilai rata-rata tiap individu siswa kelas X IIS 2 dan X IIS 4 sebesar 0,64 dan 0,61 dengan kriteria “Sedang”. Ketuntasan belajar hasil pre-test siswa yang sudah mencapai KKM ≥ 77 dari kedua kelas masing-masing hanya 12 siswa (48%), sedangkan hasil post-test siswa yang sudah mencapai KKM ≥ 77 kelas uji coba media (X IIS 2) sebanyak 23 siswa (92%) dan kelas uji coba pemakaian media (X IIS 4) sebanyak 24 siswa (96%). Hasil analisis data angket respon juga menunjukkan jika siswa berminat terhadap pembelajaran materi Tenaga Eksogen ketika menggunakan media pembelajaran ini dengan jumlah total skor sub variabel “Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Materi Tenaga Eksogen Ketika Menggunakan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Multimedia Interaktif” sebanyak 399 dari total skor maksimal 500 atau dengan persentase sebesar 79,80% dengan kriteria “setuju”. Kesimpulan penelitian ini yaitu: 1) Media pembelajaran ini sangat layak digunakan pada siswa kelas X semester 2 SMA Negeri Banyumas tahun pelajaran 2013/2014, 2) Media pembelajaran ini efektif dan siswa berminat terhadap pembelajaran materi Tenaga Eksogen ketika menggunakan media pembelajaran ini. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Guru dapat menggunakan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Multimedia Interaktif sebagai alat bantu alternatif untuk mewujudkan situasi belajar-mengajar yang efektif dan dapat menumbuhkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Geografi, 2) Guru perlu meningkatkan keterampilan dalam hal memanfaatkan dan menciptakan media pembelajaran yang inovatif, salah satunya seperti Media Pembelajaran Geografi Berbasis Multimedia Interaktif.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Tenaga Eksogen
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
    Depositing User: handoyo eko perpus
    Date Deposited: 23 Sep 2016 06:19
    Last Modified: 23 Sep 2016 06:19

    Actions (login required)

    View Item