PEMANFAATAN SITUS SEJARAH KALINYAMAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION UNTUK HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 PECANGAAN


Eni Hidayah , 3101411150 (2015) PEMANFAATAN SITUS SEJARAH KALINYAMAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION UNTUK HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 PECANGAAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101411150b.pdf]
Preview
PDF
Download (460kB) | Preview

Abstract

Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 1 Pecangaan menunjukkan bahwa penyampaian pembelajaran sejarah pada materi akulturasi kebudayaan Islam dan perkembangan kebudayaan Islam belum pernah memanfaatan sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar yang dikarenakan beberapa kendala. Padahal dengan memanfaatkan sumber belajar yang ada di lingkungan akan berdampak positif dalam peningkatan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk pemanfaatan sumber belajar yang ada di lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini: (1) untuk mengetahui pemanfaatan situs sejarah Kalinyamat sebagai sumber belajar melalui metode group investigation untuk hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pecangaan. (2) untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah dengan kelas eksperimen yang memanfaatkan situs sejarah kalinyamat sebagai sumber belajar melalui metode group investigation pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pecangaan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pecangaan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X SOS 2 sebagai kelas kontrol dan peserta didik kelas X SOS 1 adalah kelas eksperimen. Varibel x dalam penelitian ini adalah pemanfaatan situs sejarah Kalinyamat melalui metode group investigation sebagai sumber belajar, sedangkan variabel y penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh rata-rata nila pre test-post test pada kelas eksperimen 14,86 jauh lebih besar pada rata-rata kelas kontrol 8,29. Kemudian hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai sig=0,004=0,4% < 5% maka H0 ditolak atau menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dari hasil uji independent sample t-test ada perbedaan ratarata hasil belajar antara kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah dengan kelas ekperimen yang memanfaatkan situs sejarah Kalinyamat sebagai sumber belajar melalui metode group investigation pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pecangaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Situs Sejarah Kalinyamat, Sumber Belajar, Hasil Belajar
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: handoyo eko perpus
Date Deposited: 23 Sep 2016 17:21
Last Modified: 23 Sep 2016 17:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23832

Actions (login required)

View Item View Item