Pembelajaran Keyboard Dasar di “Sekolah Musik R-DDIV Pratama” Semarang.


Idih Eko Novianto , 2501401016 (2006) Pembelajaran Keyboard Dasar di “Sekolah Musik R-DDIV Pratama” Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Keyboard Dasar di “Sekolah Musik R-DDIV Pratama” Semarang.]
Preview
PDF (Pembelajaran Keyboard Dasar di “Sekolah Musik R-DDIV Pratama” Semarang.) - Published Version
Download (666kB) | Preview

Abstract

Kursus musik di “Sekolah Musik R-DDIV Pratama” Semarang menerapkan pembelajaran keyboard dasar dengan materi, metode, dan evaluasi yang disesuaikan dengan perkembangan dan karakteristik anak. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis melakukan penelitian yang berjudul Pembelajaran Keyboard Dasar di “Sekolah Musik R-DDIV Pratama” Semarang. Masalah yang diangkat yaitu tentang pembelajaran keyboard dasar di “Sekolah Musik R-DDIV Pratama” Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembelajaran keyboard dasar di “Sekolah Musik R-DDIV Pratama” Semarang. Manfaat penelitian ini adalah (1) sebagai referensi tentang pembelajaran keyboard bagi guru atau pengajar keyboard (2) sebagai masukan guna mengupayakan dan meningkatkan daya pembelajaran alat musik di “Sekolah Musik R-DDIV Pratama” Semarang. Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2005 sampai bulan Januari 2006 di “Sekolah Musik R-DDIV Pratama” Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui 3 tahap yaitu reduksi data, sajian data, dan kesimpulan/ verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi, metode, dan evaluasi pembelajaran keyboard dasar di “Sekolah Musik R-DDIV Pratama” Semarang selalu berorientasi pada karakteristik perkembangan dan kemampuan anak, selain itu pembelajaran keyboard dasar di tempat kursus musik tersebut selalu diupayakan untuk membantu, membimbing, mengarahkan, dan menggali potensi siswa. Berdasarkan hasil penelitian disarankan: (1) Materi tangga nada yang digunakan dalam pembelajaran keyboard dasar dapat ditambah dengan yang lain dan dalam pemberian materi hendaknya menggunakan notasi balok. (2) Pengajar harus bisa lebih serius, sehingga anak bisa lebih konsentrasi dalam pembelajaran. (3) Penilaian akhir atau evaluasi hendaknya dilakukan dua kali dalam satu tahun atau enam bulan sekali dan lebih mengutamakan kemampuan dan keterampilan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Keyboard Dasar
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 May 2011 01:39
Last Modified: 25 Apr 2015 04:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2381

Actions (login required)

View Item View Item