PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA ANAK DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERPADU DAN METODE GPID PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NGIJO 03 GUNUNGPATI SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009


Trista Ayu Larasati , 2101405714 (2009) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA ANAK DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERPADU DAN METODE GPID PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NGIJO 03 GUNUNGPATI SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA ANAK DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERPADU DAN METODE GPID PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NGIJO 03 GUNUNGPATI SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA ANAK DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERPADU DAN METODE GPID PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NGIJO 03 GUNUNGPATI SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan membaca pemahaman merupakan salah satu tujuan pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil observasi awal, diketahui bahwa keterampilan membaca pemahaman cerita anak siswa kelas V SD Negeri Ngijo 03 Gunungpati Semarang masih rendah. Hal ini disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor guru dan siswa. Faktor dari guru adalah metode pembelajaran yang digunakan kurang variatif, dan membosankan, sedangkan faktor dari siswa yaitu siswa kurang tertarik dengan pembelajaran membaca dan tidak terbiasa membaca bacaan cerita anak. Untuk mengatasi rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa, peneliti memberikan solusi pembelajaran membaca pemahaman cerita anak dengan menggunakan pendekatan pembelajaran terpadu dan metode GPID. Penelitian ini mengkaji masalah (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Ngijo 03 Gunungpati Semarang setelah diberikan pembelajaran membaca pemahaman cerita anak dengan menggunakan pendekatan pembelajaran terpadu dan metode GPID; (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas V SD Negeri Ngijo 03 Gunungpati Semarang setelah diberikan pembelajaran membaca pemahaman cerita anak dengan menggunakan pendekatan pembelajaran terpadu dan metode GPID. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsi peningkatan keterampilan membaca pemahaman cerita anak pada siswa kelas V SD Negeri Ngijo 03 Gunungpati Semarang setelah menerapkan metode GPID dan pendekatan pembelajaran terpadu; (2) mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas V SD Negeri Ngijo 03 Gunungpati Semarang setelah diberikan pembelajaran membaca pemahaman cerita anak dengan metode GPID dan pendekatan pembelajaran terpadu. Subjek dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman cerita anak siswa kelas V SD Negeri Ngijo 03 Gunungpati Semarang tahun ajaran 2008/2009. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus dilakukan secara berdaur yang terdiri atas empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa keterampilan membaca pemahaman cerita anak melalui pendekatan pembelajaran terpadu dan metode GPID. Teknik nontes berupa data perilaku belajar siswa dari hasil observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian keterampilan membaca pemahaman cerita anak dari pratindakan, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan. Pada pratindakan nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 52,05 Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 62,61 atau meningkat sebesar 10,56% dari rata-rata pratindakan. Pada siklus II meningkat sebesar 12,39% dari rata-rata siklus I, yaitu menjadi 75,00. Peningkatan ini membuktikan keberhasilan pembelajaran membaca pemahaman cerita anak dengan pendekatan pembelajaran terpadu dan metode GPID. Perubahan perilaku siswa dapat dilihat secara jelas pada saat pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil data nontes siklus I, masih tampak perilaku negatif siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Pada siklus II, perilaku negatif siswa semakin berkurang dan perilaku positif siswa semakin bertambah. Dari hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran terpadu dan metode GPID mampu meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Ngijo 03 Gunungpati Semarang dan mampu mengubah perilaku siswa ke arah yang lebih baik. Adapun saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah guru hendaknya menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dalam pembelajaran membaca pemahaman cerita anak, diantaranya dengan menggunakan pendekatan pembelajaran terpadu dan metode GPID, sehingga keterampilan membaca pemahaman siswa semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: membaca pemahaman cerita anak, pendekatan pembelajaran terpadu, dan metode GPID.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 12 May 2011 07:38
Last Modified: 25 Apr 2015 04:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2378

Actions (login required)

View Item View Item