PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS OPINI MELALUI MEDIA KARIKATUR KONTEKS SOSIOKULTURAL SISWA KELAS XI SMK PELITA NUSANTARA 01 SEMARANG


Muhammad Badrus Siroj , 2101405073 (2009) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS OPINI MELALUI MEDIA KARIKATUR KONTEKS SOSIOKULTURAL SISWA KELAS XI SMK PELITA NUSANTARA 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS OPINI MELALUI MEDIA KARIKATUR KONTEKS SOSIOKULTURAL SISWA KELAS XI SMK PELITA NUSANTARA 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS OPINI MELALUI MEDIA KARIKATUR KONTEKS SOSIOKULTURAL SISWA KELAS XI SMK PELITA NUSANTARA 01 SEMARANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Menulis opini merupakan salah satu materi pembelajaran yang menarik dan bermanfaat untuk diajarkan kepada siswa. Namun, pembelajaran menulis opini di kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Pelita Nusantara 01 Semarang belum menunjukkan hasil yang memuaskan (optimal). Hal ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Strategi dan media yang diterapkan guru selama ini kurang bervariasi. Selama ini pembelajaran menulis opini yang dilakukan guru masih menggunakan strategi ceramah dan pemberian contoh. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan siswa kelas XI SMK Pelita Nusantara 01 Semarang dalam menulis opini, digunakan media karikatur konteks sosiokultural dengan pendekatan proses dalam pembelajaran. Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini membahas permasalahan yaitu (1) bagaimana peningkatan keterampilan menulis opini siswa kelas XI program studi administrasi perkantoran SMK Pelita Nusantara 01 Semarang setelah mendapat pembelajaran dengan media karikatur konteks sosiokultural, (2) bagaimana perubahan tingkah laku siswa kelas XI program studi administrasi perkantoran SMK Pelita Nusantara 01 Semarang dalam menulis opini setelah mendapat pembelajaran dengan media karikatur konteks sosiokultural. Penelitian ini bertujuan mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis opini pada siswa kelas XI program studi administrasi perkantoran SMK Pelita Nusantara 01 Semarang setelah mendapat pembelajaran dengan media karikatur konteks sosiokultural. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan mendeskripsi perubahan tingkah laku siswa kelas XI program studi administrasi perkantoran SMK Pelita Nusantara 01 Semarang setelah mendapat pembelajaran dengan media karikatur konteks sosiokultural. Secara teoretis, penelitian ini bermanfaat bagi pengembangan teori pembelajaran bahasa pada umumnya dan penggunaan media karikatur konteks sosiokultural dengan pendekatan proses, pada khususnya. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru, sekolah, dan peneliti lain. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas XI SMK Pelita Nusantara 01 Semarang. Siklus I dan Siklus II terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel penelitiannya adalah keterampilan menulis opini, pendekatan proses menulis opini melalui media karikatur konteks sosiokultural dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambil data tes yang digunakan yaitu berupa tes keterampilan menulis opini, sedangkan alat pengambil data nontes yang digunakan adalah pedoman observasi, jurnal guru, wawancara, angket siswa, serta dokumentasi foto dan video. Analisis data yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis opini dengan pendekatan proses melalui media karikatur konteks sosiokultural dapat meningkatkan keterampilan menulis opini. Pada Siklus I nilai rata-rata klasikal diperoleh sebesar 69,96. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 76,76 atau meningkat sebesar 9,72% dari siklus I. Peningkatan rata-rata pada siklus II juga dapat dilihat dari kelima aspek, dalam aspek kualitas isi, keterampilan siswa meningkat sebesar 1.87%, aspek organisasi tulisan mengalami peningkatan sebesar 5.34%, aspek pilihan kata mengalami peningkatan sebesar 0.63%, aspek penggunaan bahasa mengalami peningkatan sebesar 12.97%, dan aspek mekanik tulisan mengalami peningkatan sebesar 44.00% dari siklus II. Selain itu, perubahan perilaku dalam penelitian ini adalah siswa tampak lebih senang dan merespon media karikatur konteks sosiokultural yang dihadirkan guru, lebih semangat, aktif dalam mengikuti pembelajaran, dan menjadi senang dengan kegiatan menulis opini serta siswa menjadi termotivasi dan tertantang untuk menulis tentang tema yang ada dalam karikatur karena siswa menyukai tema yang aktual dan dari lingkungan sosial dan budaya sendiri. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti memberi saran, yaitu (1) guru hendaknya mampu memilih pendekatan, strategi, teknik, dan bahan ajar yang tepat dan kreatif sehingga dapat menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi siswa, (2) Selain memilih strategi dan media yang tepat, menarik, dan berguna, dalam pembelajaran menulis opini untuk siswa SMK kelas XI, guru juga sebaiknya menentukan tema yang aktual dan sesuai dengan kondisi sosial dan budaya siswa untuk menstimulasi siswa dalam menulis opini, (3) pembelajaran menulis opini dengan pendekatan proses melalui media karikatur konteks sosiokultural dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran keterampilan yang lain, (4) para praktisi di bidang pendidikan atau peneliti lain dapat melakukan penelitian serupa dengan teknik pembelajaran yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis opini, pendekatan proses, media karikatur konteks sosiokultural
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 12 May 2011 07:05
Last Modified: 25 Apr 2015 04:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2376

Actions (login required)

View Item View Item