PENGARUH PEMBELAJARAN METODE TONGKAT BICARA (TALKING STICK) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEMALANG TAHUN AJARAN 2014/2015


Dede Indra Lesmana , 3101411095 (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN METODE TONGKAT BICARA (TALKING STICK) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEMALANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101411095b.pdf]
Preview
PDF
Download (670kB) | Preview

Abstract

Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMA N 1 Pemalang menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru, sehingga guru belum dapat membuat siswa lebih aktif dan mampu mengemukakan pendapatnya, dimana keterlibatan siswa dalam pembelajaran dapat berdampak positif dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini digunakan pembelajaran metode talking stick. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1)Bagaimana penerapan metode talking stick pada mata pelajaran sejarah kelas X di SMA N 1 Pemalang?(2) Adakah pengaruh penerapan metode talking stick terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas X di SMA N 1 Pemalang?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan desain quasy eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 1 Pemalang Tahun Ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan diperoleh kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini adalah metode talking stick dan hasil belajar. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumen. Rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen yaitu 77, 11 dan rata-rata kelas kontrol yaitu 69, 63. Hasil uji hipotesis (uji t dan uji regresi sederhana) nilai post test diperoleh nilai signifikansi (0,00) <taraf signifikansi(0,05), yang berarti ada perbedaan hasil belajar sejarah kelas eksperimen dengan kelas kontrol, sedangkan uji regresi linear sederhana diperoleh nilai signifikansi= 0,009 dengan taraf signifikansi= 0,05. Karena nilai signifikansi= 0,009< 0,05 =taraf signifikansi maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang berarti ada pengaruh pembelajaran metode talking stick terhadap hasil belajar sejarah siswa. Koefisien determinasinya adalah 0,177. Hal ini berarti 17,7% hasil belajar sejarah siswa dipengaruhi oleh metode Talking Stick, sisanya 82,3% dipengaruhi oleh fakor lain. Presentase ketuntasan hasil belajar klasikal kelas eksperimen yaitu 68,42% <75 %, sedangakan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal kelas kontrol mencapai 38,88% < 75%. Meskipun hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol belum mencapai target ketuntasan hasil belajar klasikal. Namun demikian, metode talking stick lebih efektif dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Talking Stick, Hasil Belajar
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: handoyo eko perpus
Date Deposited: 06 Sep 2016 13:31
Last Modified: 06 Sep 2016 13:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23725

Actions (login required)

View Item View Item