EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PERCAKAPAN BEBAS PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI KENDAL

Husnul Muasyaroh, 2303410025 (2014) EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PERCAKAPAN BEBAS PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI KENDAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[img]
Preview
PDF (EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PERCAKAPAN BEBAS PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI KENDAL)
Download (1885Kb)

    Abstract

    Kata kunci: Model Percakapan Bebas, Keterampilan Berbicara Berbicara adalah kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan, atau menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan. Kemampuan berbicara dalam kegiatan pembelajaranberbicara bahasa Arab harus dikuasai dengan baik oleh siswa. Akan tetapi dalam kenyataannya, siswa masih banyak menemukan kesulitan dalam pembelajaran berbicara bahasa Arab. Penyebab kesulitannya itu adalah masih sulitnya siswa dalam menyampaikan suatu ujaran yang akan dikemukakan saat mempraktikkan materi percakapan, dan kurangnya rasa keberanian siswa dan perasaan takut salah untuk maju ke depan kelas mempraktikkan percakapan di hadapan teman-temannya. Oleh karena itu perlu adanya alternatif model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab pada siswa. Salah satunya adalah dengan menggunakan model percakapan bebas yang telah dimodifikasi semenarik mungkin. Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan model percakapan bebas efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VIII MTs Negeri Kendal?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas penerapan model percakapan bebas terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VIII MTs Negeri Kendal. Desain penelitian ini adalah eksperimen, dengan cara membandingkan hasil kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan data berupa tes. Teknik analisis data adalah uji validitas dan reliabilitas, nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan dari pretest ke posttest. Dari data tes dapat diketahui peningkatan nilai rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah 33 siswa setiap kelasnya. Pada pretestkelas kontrol mendapat nilai rata-rata 67,94 dan posttest mendapat nilai rata-rata 74,64. Pada pretestkelas eksperimen mendapat nilai rata-rata 69,72 dan posttest mendapat nilai rata-rata 80,24. Kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja yang menyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model percakapan bebas efektif terhadap keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri Kendal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Subjects: P Language and Literature > PH Finno-Ugrian, Basque languages and literatures
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
    Depositing User: arindarahmawati fbs unnes
    Date Deposited: 11 Oct 2016 08:45
    Last Modified: 11 Oct 2016 08:45

    Actions (login required)

    View Item