HUBUNGAN ANTARA THE BIG FIVE PERSONALITY TRAITS DENGAN FEAR OF MISSING OUT ABOUT SOCIAL MEDIA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Febrina Rani Tresnawati, Febrina (2016) HUBUNGAN ANTARA THE BIG FIVE PERSONALITY TRAITS DENGAN FEAR OF MISSING OUT ABOUT SOCIAL MEDIA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511411125.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Tresnawati, Febrina Rani. 2016. Hubungan Antara The Big Five Personality Traits Dengan Fear Of Missing Out About Social Media Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Liftiah, S.Psi., M.Si. Kata Kunci : Fear of Missing Out About Social Media, The Big Five Personality Traits, Mahasiswa. Pengguna internet yang terus bertambah dari tahun ke tahun khususnya pengguna media sosial menjadi perhatian dalam penelitian. Keinginan untuk selalu mengetahui update pada media sosial dapat menyebabkan individu memiliki ketakutan untuk selalu ingin melihat update teman mereka di media sosial. Ketakutan ini dapat terjadi pada siapa saja termasuk pada mahasiswa sebagai pengguna aktif media sosial. Ketakutan yang dirasakan setiap individu dapat berbeda satu sama lain. Perbedaan individu atau individual differences salah satunya dapat diihat dari trait kepribadian. Salah satu teori trait kepribadian adalah the big five personality traits, yakni openness, conscientiousness, extraversion, agreeableness, neuroticism. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara the big five personality traits dengan fear of missing out about social media. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Sampel penelitian berjumlah 643 mahasiswa dengan sampling yang digunakan adalah multistage cluster sampling. Data penelitian the big five personality traits diambil menggunakan skala Big Five Inventory yang diadaptasi terdiri dari 44 aitem, mempunyai koefisien validitas antara 0,079 sampai dengan 0,680 dan koefisien reliabilitas openness, conscientiousness, extraversion, agreebaleness, neuroticism secara berturut-turut sebesar 0,550, 0,693, 0,723, 0,630, 0,714. Skala fear of missing out about social media merupakan modifikasi dari penelitian sebelumnya yang terdiri dari 19 aitem, mempunyai koefisien validitas antara 0,421 sampai dengan 0,724 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,879. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS 20.0. Hasil analisis ini menghasilkan r= 0,248 dengan signifikansi atau p = 0,000, sehingga hipotesis yang menyatakan ada hubungan antara the big five personality traits dengan fear of missing out about social media diterima. Hasil penelitian menunjukkan trait kepribadian yang memiliki korelasi positif dengan fear of missing out about social media yaitu extraversion dan agreeableness. Sedangkan neuroticism berkorelasi negatif, conscientiousness tidak berkorelasi dan trait kepribadian openness dinyatakan tidak liniear sehingga tidak dilakukan uji hipotesis. Rekomendasi yang dapat diberikan yaitu agar menggunakan media sosial secara bijak karena waktu yang lebih banyak dihabiskan untuk berinternet khususnya dalam media sosial dapat membuat pengguna merasa takut akan tertinggal berita di media sosial bahkan dapat berkembang menjadi internet addiction.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 36883 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2021 01:47
Last Modified: 01 Sep 2021 01:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23695

Actions (login required)

View Item View Item