EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA FOTO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 41 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015


Gumelar Hari Sasongko , 3101411086 (2015) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA FOTO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 41 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101411086.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Sasongko, Gumelar Hari. 2015. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Media Foto Terhadap Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 41 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Sejarah, FIS, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Drs. Karyono, M.Hum. Kata kunci: Efektif, Model Group Investigation, Foto, Motivasi Belajar Melalui studi pendahuluan yang telah dilakukan peneliti di SMP N 41 Semarang menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran masih monoton artinya disini bahwa guru lebih mendominasi proses pembelajaran di dalam kelas, sehingga guru belum bisa mendekatkan siswa dengan pengalaman belajarnya dan siswa masih kurang dalam hal kemampuan berfikir kritis, aktif, kreatif serta mengkonstruksi pengetahuannya, dimana kemampuan tersebut bisa saja berdampak positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Berpedoman dari permasalahan tersebut maka tidak salah jika seorang guru harus bisa menguasai berbagai macam model pembelajaran yang bervariatif dan menyenangkan bagi guru dan tentunya peserta didik. Skripsi ini mencoba mengkaji permasalahan, apakah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan media foto bisa mengefektifkan proses pembelajaran guna meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 41 Semarang dengan mengambil keseluruhan kelas VIII sebagai populasi dan sampel yang diambil secara acak memilih 2 kelas sebagai kelas eksperimen (VIII D) serta kelas kontrol (VIII B). Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif sederhana dengan menghitung presentase hasil pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata angket siswa kelas eksperimen adalah 91,86 sedangkan kelas kontrol adalah 82,45. Perbedaan dua rata- rata kelas eksperimen menunjukkan nilai lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Sedangkan hasil observasi guru selama proses pembelajaran dari pertemuan pertama sampai terakhir diperoleh nilai kelas eksperimen adalah pada pertemuan pertama 71,67%; pertemuan kedua 81,5%; dan pertemuan ketiga 83,83% sedangkan kelas kontrol pada pertemuan pertama 64,17%; pertemuan kedua 66,67%; dan pertemuan ketiga 71,83%. Dari hasil tersebut menandakan bahwa pembelajaran model kooperatif tipe Group Investigation dengan media foto lebih efektif terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektif, Model Group Investigation, Foto, Motivasi Belajar
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: handoyo eko perpus
Date Deposited: 30 Aug 2016 13:29
Last Modified: 30 Aug 2016 13:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23692

Actions (login required)

View Item View Item